Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warna-Warni Budaya Indonesia Ramaikan Parade Hari Kebangsaan Ke-38 Brunei

Rabu, 23 Februari 2022 13:09 WIB
Dubes Sujatmiko (kedua kiri) seusai memberikan sambutan di Parade Hari Kebangsaan Brunei Darussalam ke-38, Rabu (23/2) (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes Sujatmiko (kedua kiri) seusai memberikan sambutan di Parade Hari Kebangsaan Brunei Darussalam ke-38, Rabu (23/2) (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Brunei Darussalam sudah memadati jalan utama Ibu Kota Bandar Seri Begawan untuk menyaksikan Parade Hari Kebangsaan Brunei Darussalam ke-38 sejak Rabu (23/2) pagi.

Masyarakat Indonesia di Brunei juga ikut berpartisipasi dalam perayaan tersebut diwakili Kedutaan Besar Indonesia bekerjasama dengan Persatuan Masyarakat Indonesia (PERMAI).

Meskipun cuaca cukup terik, namun tidak mengurangi semangat peserta memamerkan berbagai kostum pakaian tradisional Indonesia. Parade Indonesia terdiri dari peserta yang memakai 12 baju adat mewakili berbagai provinsi di Indonesia, dan juga 24 baju seragam batik hitam kecoklatan.

Parade dipimpin Ketua Permai (Persatuan Masyarakat Indonesia) Mukhidin Umar. Delegasi menyusuri jalan Ibu Kota sepanjang 400 meter menuju ke Taman Haji Sir Muda Omar 'Ali Saifuddien untuk memberikan salam hormat kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, keluarga diraja serta pejabat tinggi Brunei di tribun lapangan.

Baca juga : Malam Ini Lawan Barito Putera, Persija Bakal Ngos-ngosan Dapat 3 Poin

 

Suasana meriah parade hari kebangsaan ke-38 Brunei Darussalam, Rabu (23/2). (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan).

 

Turut menyaksikan dari tribun bersama Sultan yaitu para Kepala Perwakilan Asing di Brunei Darussalam, termasuk Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko didampingi sang istri, Nani Sujatmiko.

Peserta parade dari Indonesia mengungkapkan kegembiraanya dan mengatakan bahwa mereka merasa seperti menjadi seorang selebriti. Karena selama pawai, mereka selalu menjadi pusat perhatian dengan memakai pakaian adat.

Baca juga : Lawan PSM, Ardi Siap Kerja Keras Mepet Arema FC

Dubes Sujatmiko juga menyampaikan rasa bangga dengan komunitas Indonesia yang tiap tahun meramaikan Parade Hari Kebangsaan sekaligus memamerkan kekayaan budaya Indonesia khususnya baju adat yang beragam bentuk dan warnanya.

Perbarisan Kebangsaan adalah acara pawai tahunan yang diadakan untuk merayakan Hari Nasional Brunei yang jatuh pada 23 Februari.

Sesuai protokol kesehatan yang berlaku di Brunei, parade tahun ini diadakan dalam skala yang lebih kecil dari tahun sebelumnya.

 

Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan.

Baca juga : Kebutuhan Transportasi Meningkat, Pupuk Indonesia Pastikan Kelancaran Distribusi

 

Parade tahun ini diikuti oleh 161 kelompok/delegasi dengan jumlah total peserta sebanyak 3.800 orang yang terdiri dari kelompok militer, pemerintah, swasta, sekolah serta komunitas lokal dan asing.

Pembatasan partisipan juga berdampak pada jumlah peserta dari komunitas Indonesia yang tahun ini hanya 36 orang, Selain Indonesia, komunitas asing yang mengikuti parade kali ini yaitu komunitas Malaysia, Filipina, Thailand dan India. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.