Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BNI Tokyo Komitmen Kembangkan Bisnis UMKM Indonesia Di Jepang

Sabtu, 26 Februari 2022 12:25 WIB
Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo, Tri Purnajaya menyaksikan penandatanganan pemberian kredit Diaspora Loan bagi Dopang Co.,oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tokyo pada Jumat, (18/2)
Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo, Tri Purnajaya menyaksikan penandatanganan pemberian kredit Diaspora Loan bagi Dopang Co.,oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Tokyo pada Jumat, (18/2)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mengapresiasi pemberian kredit Diaspora Loan BNI pertama untuk pelaku Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) Indonesia di Jepang. 

Penandatanganan pemberian kredit Diaspora Loan Bank Negara Indonesia (BNI) Tokyo disaksikan langsung oleh Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Tokyo, Tri Purnajaya pada Jumat, (18/2). Diaspora Loan BNI ini adalah yang pertama di luar negeri. 

“BNI Tokyo dan BUMN Indonesia lainnya di Jepang terus berkomitmen memfasilitasi pengembangan bisnis UMKM Indonesia untuk dapat menembus pasar Jepang, sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19,” ujar Tri Purnajaya melalui keterangannya, Sabtu (26/2). 

Baca juga : Atasi Bosan Berkuliner, Kenalkan Makanan Khas Indonesia Pada Anak

Tri mengatakan, pasar Jepang dikenal dengan standarnya yang tinggi. Oleh karena itu, jika sudah dapat masuk ke pasar Jepang, maka produk Indonesia akan lebih mudah melakukan penetrasi ke pasar internasional. 

“Untuk itu, pemberdayaan UMKM Indonesia untuk berkembang di pasar Jepang adalah salah satu prioritas utama KBRI Tokyo,“ tambahnya.

Direktur Tresuri dan Internasional PT BNI (Persero) Tbk, Henry Panjaitan mengungkapkan, peran penting Diaspora Loan sebagai skema pendanaan untuk mendukung pengembangan bisnis pelaku UMKM Indonesia di luar negeri melalui pemberian kredit yang dilakukan secara prudent dan selektif. 

Baca juga : KPK Kembangkan Kasus Korupsi DAK 2018, Tersangka Sudah Ada

Pelaksana Tugas General Manager BNI Tokyo, Dyah Paramita menegaskan, bahwa salah satu mandat BNI Tokyo adalah untuk memfasilitasi Indonesia-related business di Jepang. “Melalui Diaspora Loan ini, BNI Tokyo harapkan dapat dapat mengakomodir kebutuhan diaspora Indonesia di Jepang, dalam mengembangkan usahanya,” harap Dyah.

Sementara itu, Tania Mirella, founder Dopang Co yang juga diaspora Indonesia di Jepang menyebutkan  beberapa proyek yang sedang dikerjakan Dopang Co saat ini antara lain Gengoya (platform pembelajaran Bahasa Jepang secara online) dan Dentayori (blended learning dan platform career planning platform untuk komunitas dokter gigi). 

Dopang Co. merupakan startup yang diinisiasi oleh Tania Mirella pada 2020 dan berfokus dalam penyediaan platform daring maupun luring untuk mempertemukan pelaku industri kreatif UMKM di Indonesia dan Jepang.  Dopang juga salah satu peserta Bootcamp for Indonesian and Japanese Technopreneuer (BIJTe) yang digelar KBRI Tokyo Oktober 2021 untuk mendukung visi Indonesia sebagai Digital Energy of Asia dan pengembangan sektor ekonomi digital dan kreatif. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.