Dark/Light Mode

Atasi Bosan Berkuliner, Kenalkan Makanan Khas Indonesia Pada Anak

Jumat, 25 Februari 2022 17:53 WIB
Ilustrasi gado-gado.
Ilustrasi gado-gado.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bagi para orang tua, memperkenalkan beragam jenis kuliner khas Indonesia pada anak merupakan hal yang tidak mudah. Meski demikian, hal ini kerap dilakukan agar anak tidak merasa bosan.

Padahal, kuliner nusantara dengan keberagamannya terbuat dari bahan baku yang kaya akan nutrisi dan rempah sehingga dapat membawa manfaat kesehatan bagi anak.

Selain melatih indra pengecap anak, mengenali ragam santapan khas Indonesia akan menambah wawasan anak akan kuliner yang merupakan warisan budaya tanah air.

Owner Gado-Gado Boplo, Calvin Hartono mengatakan, pihaknya menyadari bahwa memperkenalkan makanan tradisional kepada anak bukanlah perkara sederhana.

Baca juga : Jokowi Pede Indonesia Rajai Kendaraan Listrik

"Diperlukan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan kebiasaan makan anak hingga pada nantinya anak dengan mudah menerima jenis kuliner yang bermacam-macam," ujar Hartono dalam keterangannya, Jumat (25/2).

Untuk itu, Gado-Gado Boplo hadir dengan menawarkan berbagai jenis makanan tradisional untuk mendukung para orang tua dalam menambah wawasan kuliner buah hatinya.

Terlebih, sampai 27 Februari ini, Gado-Gado Boplo bekerja sama dengan ShopeePay melalui kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale dan menghadirkan voucher cashback hingga 100 persen untuk keluarga Indonesia.

Mau tahu cara seru memperkenalkan makanan tradisional kepada anak? Simak empat cara berikut ini:

Baca juga : DNR Donasi Enovid Nose Sanitizer Untuk Timnas Sepakbola Indonesia

1. Eksplorasi menu yang sesuai dengan lidah anak.

Sebagai langkah awal, mulailah dari jenis santapan dengan tipe penyajian dan palet rasa yang menyerupai hidangan favorit anak. Misalnya, apabila anak menyukai makanan berkuah seperti soto ayam, kamu bisa eksplorasi menu dari hidangan serupa seperti rawon, sop buntut, soto mie, hingga soto betawi.

2. Tambahkan koleksi camilan tradisional di rumah.

Salah satu jurus jitu menghadapi suasana hati anak yang cranky adalah dengan menyediakan camilan di rumah. Nah, momen menikmati camilan ini bisa kamu manfaatkan dengan memberikan camilan tradisional yang beragam jenisnya.

Baca juga : Airlangga Hartarto: Kewirausahaan Mahasiswa Bantu Indonesia Keluar Pandemi

3. Kulik kisah di balik hidangan yang disantap. Dalam memperkenalkan hal baru kepada anak, belum lengkap rasanya apabila kita tidak mencari tahu cerita di baliknya, dalam hal ini menu makanan atau minuman.

Manfaatkanlah berbagai macam media yang tersedia seperti internet dan buku untuk mengetahui sejarah di balik makanan tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.