Dark/Light Mode

Laporan Rakyat Merdeka Dari Forum Jenesys 2022

Oplah Koran Di Jepang Masih Tembus 2 Juta Per Hari!

Jumat, 18 Maret 2022 07:44 WIB
Inilah para peserta program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (Jaringan Pertukaran Pelajar dan Pemuda Jepang-Asia Timur/Jenesys) 2022 secara daring. (Foto Jenesys Group E & F March 9-15)
Inilah para peserta program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (Jaringan Pertukaran Pelajar dan Pemuda Jepang-Asia Timur/Jenesys) 2022 secara daring. (Foto Jenesys Group E & F March 9-15)

 Sebelumnya 
Di hari ketiga program Jenesys, Jumat (11/3), diisi kuliah oleh Masaaki Saito. Ia menggambarkan proses penerbitan berita di kantornya. Secara khusus, pemberitaan bencana.

Seperti diketahui, Jepang merupakan negara yang kerap dilanda bencana alam. Sebagai koran yang beroperasi di daerah rawan bencana, Hokkaido Shimbun menyampaikan informasi dua kali sehari. Pagi dan sore, atau malam.

Baca juga : Bangun Istana Herring Rp 369 Miliar

Selain itu, koran tersebut akan menerbitkan berita utama bersambung hingga dua halaman. Bagian paling luar koran, paling depan dan paling belakang. Cara itu disebut Saito sebagai backfront

Edisi Hokkaido Shimbun yang menerbitkan format seperti itu terbit pada 6 September 2018 pagi hari. Hanya beberapa jam pasca gempa di Kota Iburi, Pulau Hokkaido.

Baca juga : Kekayaan Alam Picu Sengketa Wilayah

Saito memperlihatkan gambar Hokkaido Shimbun yang terbit dengan format backfront. Dalam gambar terlihat tanah longsor di berbagai tempat. Saat itu lokasi paling parah terdampak gempa berada di wilayah pedesaan di perbukitan.

Di edisi itu juga ditampilkan gambar wilayah pedesaan sebelum gempa yang hijau dan asri. Disandingkan dengan gambar di wilayah yang sama, yang rusak parah pasca gempa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.