Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Januari-Agustus 2021

Joss! Transaksi Digital Merchant Bank Mandiri Tembus Rp 70 T

Jumat, 1 Oktober 2021 17:14 WIB
Aplikasi Livin by Mandiri. (Foto: ist)
Aplikasi Livin by Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus memperkuat pengembangan bisnis mitra usaha (merchant) di era pandemi. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan menyediakan layanan transaksi non-tunai serta digital.

Hingga Agustus 2021, Bank Mandiri telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 180 ribu mitra merchant, untuk melayani nasabah dalam melakukan transaksi nontunai baik secara online melalui e-commerce maupun secara offline melalui Electronic Data Capture (EDC).

Dari jumlah merchant tersebut, tercatat frekuensi transaksi finansial yang dibukukan pada periode Januari-Agustus 2021 mencapai lebih dari 117 juta transaksi, dengan volume hampir mencapai Rp 70 triliun, atau meningkat sebesar 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/YoY).

Baca juga : Bank Mandiri Patok Pertumbuhan KPR Rp 45 T

Merchant-merchant tersebut berasal dari berbagai sektor ekonomi, seperti F&B (Food and Beverage), fashion, groceries, pariwisata, supermarket/department store, online merchant dan retail merchant lainnya.

Menurut Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, pihaknya terus mendorong transaksi non-tunai dan digital nasabah melalui beragam penawaran produk layanan.

"Bank Mandiri ikut mendukung pengembangan usaha merchant di era pandemi. Terutama melalui inovasi produk dan layanan digital serta penyediaan one-stop-solution yang memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada merchant dalam menyediakan transaksi non-tunai," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (1/10).

Baca juga : Cadangan Devisa Indonesia Agustus 2021 Tembus Rp 2.054,9 T

Pada Agustus lalu Bank Mandiri baru saja meluncurkan Mandiri EDC Android yang mampu mengintegrasikan dengan berbagai layanan seperti sistem POS (point of sales), aplikasi merchant, dan juga platform promosi dan loyalty. Selain itu, EDC Android juga dapat membantu merchant dalam menerima berbagai alternatif pembayaran seperti QR (Quick Response) Payment, nirsentuh dan wearables.

Produk bermanfaat lainnya bagi mitra merchant adalah Open Banking API (Application Program Interface) melalui portal API Bank Mandiri yakni, developer.bankmandiri.co.id. Produk ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan, seperti fitur inquiry rekening, direct debit, top up emoney, serta bill payment. 

Selain itu, masih ada berbagai fitur service lainnya yang akan terus dikembangkan untuk memperluas akses nasabah melalui kerja sama dengan ekosistem fintech maupun e-commerce.

Baca juga : Semangat Super ShopeePay Tingkatkan Transaksi Digital Saat Pandemi

Event yang dihadiri 2 ribu undangan dari ratusan mitra merchant tersebut, merupakan ajang sosialisasi dan update informasi mengenai layanan transaksi non-tunai dan digital terkini sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada mitra merchant.

Thomas berjanji, pihaknya akan untuk terus berinovasi dalam menyediakan produk dan layanan digital banking terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis usaha mitra merchant. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.