Dark/Light Mode

Jokowi-PM Lee Bahas Rencana Leaders Retreat

Minggu, 23 Juni 2019 08:20 WIB
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Menlu Retno Marsudi, berbincang dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6). (Foto: Twitter @leehsienloong)
Presiden Jokowi (kedua kanan) didampingi Menlu Retno Marsudi, berbincang dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di sela KTT ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6). (Foto: Twitter @leehsienloong)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong membahas rencana pertemuan tahunan pemimpin kedua negara (Indonesia-Singapore Annual Leaders' Retreat), yang akan diselenggarakan di Singapura pada Desember tahun 2019, di sela KTT ASEAN ke-34,  Bangkok, Thailand Sabtu (22/6).

"Pembicaraan antara Presiden Indonesia Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong dilakukan dalam pertemuan informal (pull aside meeting)," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bangkok, Thailand, Sabtu (22/6).

Baca juga : Bertemu Suu Kyi, Jokowi Bahas Isu Keamanan di Rakhine State

Retno mengatakan, pull aside meeting dilakukan oleh kedua pemimpin negara, dilakukan sambil menunggu sesi pleno KTT ASEAN ke-34.

"Jadi, pertemuan dengan Singapura berlangsung sangat singkat. Kedua pemimpin membahas mengenai rencana pertemuan Leaders' Retreat, yang untuk tahun ini menjadi giliran Singapura untuk menjadi tuan rumah. Kemungkinan, akan dilakukan pada minggu pertama Desember," kata Retno.

Baca juga : Produksi Cabe dan Bawang Merah Pasca-Lebaran Tetap Aman

Leaders Retreat merupakan pertemuan tahunan antar-kepala pemerintahan kedua negara yang diselenggarakan secara bergantian di Indonesia atau Singapura.

Dalam pertemuan Leaders' Retreat yang berlangsung di di Nusa Dua, Bali pada 11 Oktober 2018, pemerintah Indonesia dan Singapura mendorong penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya di bidang investasi. Indonesia dan Singapura menyetujui promosi perlindungan penanaman modal antara RI dan Singapura.

Baca juga : Promosi Budaya Nusantara Lewat Ethnorchestra di Austria

Selanjutnya, dalam pertemuan itu pemerintah Indonesia dan Singapura juga menandatangani tujuh nota kesepahaman (MoU) lainnya.

Yaitu MoU tentang Program Kerja Sama Budaya untuk 2019-2020, MoU Kerja Sama Bidang Seni dan Warisan, MoU Kerja Sama Teknologi Keuangan, Instrumen Perluasan untuk MoU Tentang Kerjasama Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Maritim, MoU tentang Kerja Sama untuk Pengembangan dan Implementasi Industri 4.0, MoU tentang Program Pembelajaran Teknologi Keuangan untuk Pendidikan Tinggi, MoU Kerja Sama Wisata Pesiar antara Pelindo III dan Star Cruise. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.