Dark/Light Mode

Promosi Budaya Nusantara Lewat Ethnorchestra di Austria

Rabu, 12 Juni 2019 23:54 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djunama
Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djunama

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Austria, bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Badan Ekonomi Kreatif Indonesia menyelenggarakan konser musik bertajuk Ethnorchestra: A Melody of Friendship kemarin. Konser digelar di Mozart Saal, Wiener Konzerthaus, yang berkapasitas sekitar 700 orang.

Konser Ethnochestra, sesuai nama dan judulnya, merupakan perpaduan antara orkestra simfoni Austria dengan instrumen serta unsur-unsur musik tradisional Indonesia.

Baca juga : Nurbaya: Hutan Adat Sejahterakan Wong Cilik

“Ini adalah tontonan unik dan menarik bagi warga Austria,” kata Duta Besar Indonesia untuk Austria Darmansjah Djumala.

Berbagai lagu mulai dari folklore hingga karya-karya kontemporer dari kedua negara dikemas menjadi suatu kesatuan. Sekaligus mencerminkan betapa musik memiliki pesan universal serta kekuatan untuk menyatukan. Dalam konser tersebut, komponis terkemuka Indonesia Erwin Gutawa berkolaborasi dengan musisi ternama Austria, Johannes Vogel, yang juga pimpinan Synchron Stage Orchestra Vienna (SSOV).

Baca juga : Presiden China Puji Semangat Peradaban Asia

SSOV merupakan mitra studio rekaman terkemuka di Austria maupun dunia. Yaitu Synchron Stage Studio yang sering digu- nakan untuk memainkan musik soundtrack film-film kelas du­nia. Seperti Pacific Rim Uprising, Sky Hunter, Inferno, dan Blue Planet. Para musisi yang tergabung ke dalam orkestra SSOV ini merupakan musisi yang juga bagian dari grup simfoni klasik terkenal Austria Vienna Philharmonic Orchestra. Konser juga dimeriahkan dengan sejumlah artis dan musisi terkemuka Indonesia. Seperti Gita Gutawa, Sandhy Sondoro, Gabriel Harvianto serta dalang cilik berbakat Woro Mustiko.

“Penyelenggaraan konser ini merupakan salah satu bagian pro- gram diplomasi budaya Indonesia di Austria. Ini dimaksudkan untuk memperdalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Austria,” terang Dubes Darmansjah.

Baca juga : Menpar Promosi Keindahan Nusantara Di Yordania

Partisipasi komponis dan musisi terkemuka Indonesia, lanjutnya, diharapkan dapat membantu mem- promosikan seni-budaya Indonesia di panggung internasional. Konser juga diharapkan dapat semakin meningkatkan interaksi antar masyarakat kedua negara. Yang pada gilirannya diharapkan memperkuat hubungan Indonesia dan Austria di berbagai bidang. Kota Wina sebagai pusat musik dunia memberikan peluang besar bagi kehadiran musik kontemporer karya komponis Indonesia, di tengah-tengah percaturan musik di Austria.

Konser dihadiri para undangan yang terdiri dari kalangan pemerintah Austria, para duta besar negara-negara sahabat, pejabat organisasi internasional di kota Wina, kalangan akademisi, seniman, masyarakat Austria pecinta seni-budaya Indonesia dan masyarakat Austria lainnya dari berbagai kalangan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.