Dark/Light Mode

Warga Muslim Los Angeles Bersuka Cita Sambut Kehadiran Masjid At Thohir

Senin, 28 Maret 2022 07:39 WIB
Masjid At Thohir di Los Angeles, AS. (Foto: Istimewa)
Masjid At Thohir di Los Angeles, AS. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melalui berbagai proses perombakan, bangunan kuno di pusat downtown Los Angeles kini berubah menjadi masjid megah.

Masjid bernama At Thohir itu telah diresmikan pada Minggu (27/3) pagi waktu setempat. Peresmiannya dihadiri oleh pengusaha muslim Indonesia Garibaldi Thohir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Roosan P Roslani, Konsul Jenderal Los Angeles Saut Trisnawan, dan Ketua Indonesia Muslim Foundation Dwirana Satyavat.

Masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles juga ikut meramaikan acara tersebut.

Garibaldi Thohir yang akrab disapa Boy Thohir mengungkap, inspirasi kehadiran masjid tersebut berawal sekitar tahun 2015.

Baca juga : Agar Masalah Minyak Goreng Selesai, Buka Keran Persaingan Pasar Sempurna

"Kami sekeluarga memang sering berlibur ke Los Angeles. Ayah saya sering mengeluh kalau mau shalat Jumat," tutur Boy dalam acara peresmian masjid tersebut.

Ayah Boy, H Mochamad Thohir, kemudian berpulang pada 2016.

Kejadian itu mendorong Boy Thohir sekeluarga untuk bisa menghadirkan masjid di Los Angeles, yang dimiliki warga Indonesia. Pencarian lokasi pun dijalankan. Hingga akhirnya, berhasil mendapatkan tempat di kawasan downtown area Los Angeles. Berupa bangunan tua yang sebelumnya milik komunitas Gereja Samoa.

Hasil donasi WNI dan Los Angeles dan support keluarga Thohir kemudian menyulap bangunan yang telah didirikan sejak 1920 itu berubah menjadi masjid.

Baca juga : Pria AS Keluhkan Kualitas Sabu Ke Petugas 911

Boy berharap, kehadiran masjid tersebut bisa menjadikan masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles sebagai contoh penerapan Islam yang membawa damai.

"Semoga, masjid yang menjadi tanda bakti keluarga Thohir pada almarhum ayah, Mochamad Thohir bisa memakmurkan masyarakat Indonesia di Los Angeles," harap Boy.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Roosan P Roslani mengungkap rasa syukurnya atas kehadiran Masjid At Thohir. Menurutnya, kehadiran masjid ini melengkapi jajaran masjid di Amerika, yang dimiliki oleh WNI.

"Ini adalah masjid keenam di Amerika yang dimiliki oleh WNI," kata Roosan.

Baca juga : Gandeng BKPM, Gus Halim Permudah Kerja Sama BUMDes Dan Investor

Dia berharap, masyarakat muslim Indonesia di Amerika mampu menjadi teladan yang baik. Masjid ini juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi.

Masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles tak kalah gembira menyambut kehadiran Masjid At Thohir.

Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat mengungkap, masjid tersebut menjadi pusat pertemuan dan kreativitas masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.