Dark/Light Mode

Dubes Rachmat Budiman Bangga, Putri Kerajaan Thailand Promosikan Indonesia

Kamis, 31 Maret 2022 08:03 WIB
Dubes Rachmat Budiman (ketujuh kiri) foto bersama para anggota yang memeriahkan acara Dies Natalis Universitas Chulalongkorn ke-105, Sabtu (26/3). (Foto: KBRI Bangok)
Dubes Rachmat Budiman (ketujuh kiri) foto bersama para anggota yang memeriahkan acara Dies Natalis Universitas Chulalongkorn ke-105, Sabtu (26/3). (Foto: KBRI Bangok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai puncak peringatan Dies Natalis Universitas Chulalongkorn ke-105, diadakan pagelaran khusus konser besar musik klasik The Pipaht Duek-damban yang dipimpin langsung Putri Maha Chakri Sirindhorn.

Pagelaran musik ini dihelat pada Sabtu (26/3) di auditorium Universitas Chulangkorn, Bangkok. Konser musik tradisional Thailand ini mengadaptasi genre musik Indonesia, khususnya gamelan Jawa dan angklung.

Baca juga : Putri Maha Chakri Sirindhorn Promosikan Indonesia Di Thailand

Pagelaran yang memakan waktu hampir dua jam tersebut, seluruhnya bercerita tentang Indonesia. Khususnya kenangan Sang Putri Maha Chakri Sirindhron saat melakukan beberapa kali perjalanan ke Pulau Jawa.

Alur pagelaran musik menggambarkan pengalaman dan catatan pribadi Putri mengenai keindahan alam Pulau Jawa seperti gunung Berapi, sawah, sungai Bengawan Solo, sejarah manusia purba.

Baca juga : Dubes Heri Buka Peluang Baru Kerja Sama Sepak Bola Indonesia -Jepang

Juga tentang keagungan Buddha Jataka pada Candi Borobudur, dongeng Roro Jonggrang dan Tangkuban Perahu, seni wayang kulit, alat musik gamelan, hingga bunga melati, burung perkutut dan makanan tradisional Indonesia.

Pagelaran ini dihadiri berbagai kalangan, termasuk para Duta Besar dan kalangan diplomatik, budayawan dan masyarakat pencinta seni sekitar 650 orang yang datang langsung ke tempat pertunjukan.

Baca juga : UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 Terbaru di Indonesia

Para pengunjung pun menunjukkan antusiasme ketertarikan dan apresiasi yang tinggi atas pagelaran musik ini. Ini tercermin dari banyaknya pengunjung yang tidak segera meninggalkan lokasi setelah selesainya acara. Pengunjung tampak saling berebut berfoto bersama seniman yang terlibat dalam pertunjukan tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.