Dark/Light Mode

Dubes Rachmat Budiman Bangga, Putri Kerajaan Thailand Promosikan Indonesia

Kamis, 31 Maret 2022 08:03 WIB
Dubes Rachmat Budiman (ketujuh kiri) foto bersama para anggota yang memeriahkan acara Dies Natalis Universitas Chulalongkorn ke-105, Sabtu (26/3). (Foto: KBRI Bangok)
Dubes Rachmat Budiman (ketujuh kiri) foto bersama para anggota yang memeriahkan acara Dies Natalis Universitas Chulalongkorn ke-105, Sabtu (26/3). (Foto: KBRI Bangok)

 Sebelumnya 
“Para tamu menyampaikan selamat dan apresiasi atas ke-suksesan pagelaran. Kami sangat senang dan bangga atas kesuk-sesan acara ini,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Thailamd Rachmat Budiman dalam keterangan resminya, Senin (28/3).

Kegiatan yang dikelola sepenuhnya oleh pihak Universitas Chulalongkorn seolah menjelma menjadi kegiatan promosi budaya Indonesia yang dilakukan oleh KBRI Bangkok.

Kegiatan peringatan Dies Natalis Universitas Chulalongkorn yang bertema budaya dari luar Thailand ini, baru pertama kali dilakukan. acara ini juga merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi Indonesia, karena terpilih sebagai proyek pertama.

Baca juga : Putri Maha Chakri Sirindhorn Promosikan Indonesia Di Thailand

Kehormatan ini semakin terasa khusus dan istimewa, dengan pagelaran musik yang menampilkan karya puisi dan komposisi musik dari Putri Maha Chakri Sirindhorn tentang Indonesia. Bahkan, Sang Putri turut menjadi penampil utama, dengan memainkan alat musik Ranat (Gambang). Gamelan yang dimainkan dalam pagelaran ini juga memiliki arti khusus, karena merupakan gamelan hadiah dari Paku Buwono X kepada Raja Rama VII dalam kunjungannya ke Surakarta pada 1929.

Paku Buwono X menghadiahkan satu set gamelan lengkap berlaras pelog dan slendro. Gamelan itu disimpan secara terpisah di National Museum Bangkok dan National Theater Bangkok.

Gamelan yang disimpan di National Theater Bangkok ini mengalami penyesuaian nada ke dalam musik tradisional Thailand dan selama ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan budaya tradisional Thailand.

Baca juga : Dubes Heri Buka Peluang Baru Kerja Sama Sepak Bola Indonesia -Jepang

Untuk pertama kalinya gamelan berusia hampir satu abad ini dikeluarkan dari National Theater dan memeriahkan page-laran musik klasik tersebut. Dalam keterangan resmi KBRi Bangkok, Senin (28/3), Putri Maha Chakri Sirindhorn mengungkapkan kecintaannya yang sangat besar kepada Indonesia, yang disebutnya selalu berada di hati dan pikirannya.

Sang Putri juga menyampaikan keinginannya untuk selalu berkunjung kembali ke Indonesia. Dia berharap, kunjungan tersebut dapat dilakukan segera setelah pandemi usai.

Pagelaran musik ini juga menjadi sarana promosi seni budaya Indonesia yang luar biasa ke berbagai kalangan di Thailand. Terasa sangat istimewa, ketika upaya promosi justru dilakukan oleh Putri Maha Chakri Sirindhorn, salah satu anggota utama keluarga Kerajaan Thailand.

Baca juga : UD Trucks Luncurkan Quester Euro5 Terbaru di Indonesia

Selain merefleksikan kecintaan Sang Putri pada Tanah Jawa, pagelaran musik ini juga mencer-minkan kedekatan hubungan Indonesia dan Thailand sejak jaman dahulu kala. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.