Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Musik Gamelan Pikat Pengunjung Summer Festival Hongaria

Selasa, 25 Juni 2019 17:53 WIB
Suasana malam Festival Kolerado dimeriahkan Festival Kolerado, Hongaria. (Foto KBRI Budapest)
Suasana malam Festival Kolerado dimeriahkan Festival Kolerado, Hongaria. (Foto KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seperti lazimnya negara-negara Eropa di musim panas (summer), Hongaria mengadakan berbagai festival budaya demi menarik wisatawan mancanegara untuk berlibur. Musim panas 2019 ini terdapat 10 Summer Festival yang berlangsung selama bulan Juni hingga Agustus 2019.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest, Hongaria, bersama sanggar seni binaan KBRI dan pencinta Indonesia dalam festival musim panas kali ini berkesempatan tampil di berbagai panggung. Pekan lalu, Indonesia berkesempatan tampil di Festival Kolorado yang merupakan festival musik kontemporer di Nagykovacsi, Hongaria dengan menampilkan kesenian gamelan yang dibawakan secara apik Group Seni Surya Kencana A yang beranggotakan warga negara Hongaria, alumni Beasiswa Darmasiswa RI.

Di pekan yang sama, tepatnya pada acara Night at the Museum, Indonesia berkesempatan tampil di dua museum besar di Hongaria yaitu di Ferenc Hopp Museum of Asiatic Arts menampilkan tari dan musik tradisional Indonesia. Sedangkan di Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts), Indonesia menampilkan kolaborasi gamelan dengan alat musik modern berupa gitar listrik yang dibawakan pemusik Hongaria, Bernard Atom.

Baca juga : Tutup Saluran Komunikasi yang Digunakan Jaringan Teroris

Menurut pengamatan KBRI Budapest, pertunjukan kesenian Indonesia selalu mendapatkan sambutan yang meriah dari para penonton. Salah seorang pengunjung pada Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts) menyampaikan, ini merupakan kali pertama dia melihat live performance dari musik tradisional gamelan dan merasa kagum akan suaranya yang membawa efek menenangkan. Dia juga merasa takjub melihat dan menyaksikan gamelan Indonesia dapat berkolaborasi dengan alat musik modern seperti gitar listrik dan menghasilkan nada-nada yang harmonis.

Duta Besar RI untuk Hongaria AH Dimas Wahab menyampaikan, Pertunjukan Budaya Indonesia pada festival-festival musim panas di Hongaria merupakan salah satu wujud komitmen KBRI Budapest dalam mempromosikan Indonesia di Hongaria.

”Secara data tidak didapat dihitung dengan angka pasti, namun kami meyakini pertunjukan-pertunjukan ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa tertarik masyarakat Hongaria terhadap Indonesia baik secara budaya maupun dari kekayaan alamnya, lalu diharapkan mereka akan berkunjung ke Indonesia,” katanya.

Baca juga : Ribuan Pengungsi Suriah Ingin Mudik Di Hari Raya

Dubes Dimas menambahkan, dengan sasaran kaum muda Hongaria, pertunjukan-pertunjukan ini juga diharapkan dapat menarik mereka untuk mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia dan nantinya akan mendorong mereka menjadi Indonesianis.

”Orang muda-muda itu adalah calon pemimpin Hongaria, dan apabila mereka mencintai Indonesia, harapan saya, dalam setiap keputusan-keputusan penting, mereka tetap akan menyimpan Indonesia di hati dan sedikit banyak menaruh kepentingan Indonesia di depan,” sambungnya.

Pada Musim Panas 2019, Kesenian Indonesia akan tampil di 5 Festival Musim panas di Hongaria. Setelah Kolorado dan Night at the Museum, Indonesia juga akan tampil di Cseszek Festival, Babel Sound Festival dan Agárd –Percussion Festival.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.