Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ajak Mendag Bersinergi Kerek Ekspor, Dubes Iwan: Produk Indonesia Berpotensi Rambah Bulgaria

Jumat, 8 April 2022 23:40 WIB
Mendag Muhammad Lutfi (kanan) menerima Dubes Iwan Bogananta di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat, 1 April 2022
Mendag Muhammad Lutfi (kanan) menerima Dubes Iwan Bogananta di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat, 1 April 2022

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara Iwan Bogananta yang berkedudukan di Kota Sofia, bertemu dengan Menteri Perdagangan(Mendag) Muhammad Lutfi di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta.

Dalam pertemuan ini, Dubes Iwan mengajak Kemendag untuk bersinergi dalam menggali potensi kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan negara akreditasi tugasnya (Bulgaria, Albania, dan Makedonia Utara).

Berita Terkait : Indonesia Harum Di Mata Dunia

Menteri Lutfi menyambut baik kinerja KBRI Sofia. Ia berharap, KBRI Sofia membidik peluang-peluang baru, agar value of trade di negara kawasan bisa ditingkatkan kembali. Total Market share perdagangan Indonesia di negara akreditasi KBRI Sofia masih berkisar 0,5 sampai dengan 1 persen.

“Peluang pasar produk-produk Indonesia masih cukup lebar, dan sangat bisa untuk dikembangkan,” kata Dubes Iwan.

Berita Terkait : Gran Meliá Lombok Pelopor Real Estat dan Perhotelan Ramah Lingkungan

Beberapa hari lalu, salah satu perusahaan Bulgaria telah menandatangani kontrak dagang atas produk tepung kelapa, dengan perkiraan angka perdagangan sebesar 1,5 juta juga dolar AS atau Rp 21,6 miliar.

Dubes Iwan berkeyakinan, dengan bersinergi bersama Kemendag dan para stakeholders Indonesia lainnya, kinerja ekspor nasional makin bergairah. [MEL]