Dark/Light Mode

Kanada Mau Perkuat Kemitraan Dengan ASEAN

Selasa, 12 April 2022 13:55 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada, Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). [Foto: BPMI Setpres/Lukas]
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada, Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). [Foto: BPMI Setpres/Lukas]

 Sebelumnya 
Sejauh ini, ujar Joly, Kanada terus menawarkan bantuan militer dan kemanusiaan kepada Ukraina. "Kami terlibat dengan Ukraina maupun Rusia untuk perundingan damai. Harus ada solusi diplomatik untuk mengakhiri konflik," lanjutnya.

Joly juga mengatakan, Kanada dapat memainkan peran penting dalam membantu kawasan Indo-Pasifik dan mengatasi tantangan lain. “Kerja sama antara Indonesia dan Kanada dapat membuat perubahan positif,” ujar alumni Université de Montréal, Kanada dan University of Oxford Inggris ini.

Baca juga : Optimis Pasar Kartu Kredit Tumbuh, JCB Perluas Jaringan Kemitraan di Asia Tenggara

Dia mengatakan, Kanada dihuni oleh masyarakat multilkultural dengan latar belakang beragam. “Kami sepakat tentang pentingnya memajukan keberagaman dan inklusivitas, termasuk perempuan dan anak-anak,” simpulnya.

Kanada kini sedang mengejar perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia dan ASEAN. “Kesepakatan komprehensif dan ambisius antara Kanada dan Indonesia dapat tumbuh. Kami berkunjung ke Indonesia untuk mendengar perspektif Indonesia tentang wilayah Indo-Pasifik,” lanjut mantan Menteri Pembangunan Ekonomi dan Bahasa Resmi (2019–2021) ini.

Baca juga : Skuad Partai Hanura Bergandengan Tangan

Joly mengatakan, pendekatan Kanada ke kawasan ini akan didukung oleh visi Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif. "Kami percaya pentingnya ASEAN. ASEAN adalah pusat strategi Indo-Pasifik," pungkasnya. DAY

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.