Dark/Light Mode

Kanada Mau Perkuat Kemitraan Dengan ASEAN

Selasa, 12 April 2022 13:55 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada, Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). [Foto: BPMI Setpres/Lukas]
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Kanada, Melanie Joly, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/04/2022). [Foto: BPMI Setpres/Lukas]

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN) dinilai sebagai mitra kuat di kawasan, untuk dijadikan mitra kerja sama dalam menghadapi tantangan global. Kanada pun menyampaikan keinginannya meningkatkan hubungan kerja sama.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly dalam diskusi virtual yang diadakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Senin (11/4). “Saya tahu, tantangan kedepan tidak dapat diremehkan. Namun tantangan tersebut harus diatasi dengan bekerja sama. Kanada berharap dapat memperdalam keterlibatan kami dengan Indonesia dan ASEAN, mitra regional,” ujarnya.

Baca juga : Optimis Pasar Kartu Kredit Tumbuh, JCB Perluas Jaringan Kemitraan di Asia Tenggara

Menurut Menlu berusia 43 tahun itu, dunia menghadapi banyak tantangan yang menjadi perhatian bersama. Seperti perubahan iklim, pemanasan global, kekerasan, intoleransi, ekstremisme serta pertumbuhan ekonomi.

“Saat ini, Rusia melakukan invasi ke Ukraina yang telah membahayakan stabilitas dunia dan semua aturan yang terkait dengan multilateralisme yang menjaga prinsip kedaulatan, perdamaian, dan hak asasi manusia,” lanjut Joly.

Baca juga : Skuad Partai Hanura Bergandengan Tangan

Menurutnya, dunia perlu mengisolasi rezim Rusia sebagai satu-satunya cara untuk mengakhiri perang. "Orang-orang di Ukraina kehilangan nyawa dan warga sipil Ukraina telah dibombardir," kata anggota Partai Liberal ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.