Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Afrika Selatan Ceritakan Spot Instagramable Di Tanah Kelahirannya

Sabtu, 29 Juni 2019 04:00 WIB
Dubes Hilton Fisher (keempat kanan) bersama para duta 
besar negara sahabat memotong kue di perayaan 25 tahun kemerdekaan 
Afsel dan 25 tahun hubungan bilateral Afsel-Indonesia, Kamis (27/6). (Foto : Diananda R/ RM).
Dubes Hilton Fisher (keempat kanan) bersama para duta besar negara sahabat memotong kue di perayaan 25 tahun kemerdekaan Afsel dan 25 tahun hubungan bilateral Afsel-Indonesia, Kamis (27/6). (Foto : Diananda R/ RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana kasual dan santai terasa dalam perayaan 25 tahun kemerdekaan Afrika Selatan serta 25 tahun hubungan bilateral Afsel-Indonesia. Sebab, Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia Hilton Fisher, pada kesempatan itu, mempromosikan pariwisata kampung halamannya.

“Tidak perlu formal, santai saja. Kita sedang merayakan hari baik. Harus dirayakan dengan rasa kekeluargaan,” ujarnya pada Kamis malam (27/6), di Ballroom Ayana Hotel Mid Plaza, Jakarta.

Usai acara pembukaan, yang diisi dengan mengumandangkan lagu nasional dan potong kue, Dubes Fisher langsung mengajak tamunya makan malam dan ngobrol bareng.

Baca juga : Antimafia Bola Perlu Ditegaskan dengan Keppres

Tampak Ketua Komite Afrika Kamar Dagang dan Industri Indonesia Mintardjo Halim dan Direktur Urusan Afrika Kementerian Luar Negeri Daniel Tumpal Simanjuntak ikut nimbrung.

“Kalau dengar kata Afsel, yang terlintas di pikiran apa?” tanya sang tuan rumah. Belum ada yang menjawab, Dubes Fisher melanjutkan keterangannya.

“Jangan kenal Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia saja. Banyak yang bisa dilihat dan dilakukan di sana,” ujarnya kepada sejumlah tamu yang duduk di satu meja bundar.

Baca juga : Triwulan II, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diramal Landai

“Ya, kita bisa mengunjungi rumah Nelson Mandela dan Museum Apartheid. Tapi Afrika Selatan bukan hanya itu,” ungkapnya.

Dengan semangat, Dubes Fisher menceritakan spot yang instagramable di negeri kelahirannya. “Anda semua harus coba trekking ke Gunung Mafadi. Pemandangan saat musim semi dan pa- nas di sana cocok bagi yang suka foto-foto. Cantik,” klaimnya.

Di Cape Town, pengunjung bisa menumpang cable car untuk mencapai Chapsman Peak dan Table Mountain. “Ini juga spot oke untuk foto-foto,” lanjutnya lagi.

Baca juga : Kementan Persiapkan Ekspor Perdana Buah Naga ke China

Menurutnya, kalau ke Afsel belum afdol kalau tidak mengintip kerumunan penguin yang asyik bersantai di salah satu pantainya. “Di Cape Town, jangan lupa untuk mampir ke Boulder’s Beach. Di sana terkenal alam pantai, pasir putih, dan rombongan penguin yang berkeliaran bebas,” terangnya.

Satu hal yang dia ingatkan jika berwisata ke Afsel. “Jaga barang bawaan dan jangan berlebihan membawa barang berharga.

Tampil sederhana saja,” sarannya sambil menikmati sepiring chakalaka, sup kari sayur khas Afsel. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.