Dark/Light Mode

Raup Suara Di Atas 60 Persen, Ramos Horta Deklarasi Kemenangan

Kamis, 21 April 2022 22:23 WIB
Jose Ramos Horta (Foto EPA/Antonio Dasiparu)
Jose Ramos Horta (Foto EPA/Antonio Dasiparu)

 Sebelumnya 
Horta mengaku belum berbicara dengan Lu Olo. Tapi telah menerima undangan dari Kantor Presiden untuk membahas penyerahan kekuasaan.

Horta menambahkan, dia juga akan berjuang membawa Negara Timor Lorosa’e menjadi anggota ke-11 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Secepatnya tahun ini, atau paling lambat tahun depan. Saat ini, Timor Leste menyandang status pengamat di ASEAN.

Baca juga : Mia Lubis: Yakin, Habis Gelap Terbitlah Terang

Timor Leste merupakan rumah bagi 1,3 juta warga. Selama bertahun-tahun, negara yang memisahkan diri dari Indonesia itu bergulat dengan ketidakstabilan politik dan tantangan ekonomi. Timor Leste mengandalkan ekonominya pada minyak dan gas.

Horta (72) dan Guterres (67) masih mendominasi politik setelah dua dekade berlalu, meskipun tokoh-tokoh yang lebih muda juga bermunculan. Lebih dari 76 persen suara bulan lalu direbut  kedua tokoh itu.

Baca juga : Bolehkan Tarawih Di Metaverse, Ini Tanggapan Pakar Komunikasi Unair

Pemenang pemilu putaran kedua akan mulai menjabat pada 20 Mei, bertepatan dengan peringatan 20 tahun pemisahan Timor Leste dari Indonesia.

Horta pernah menjabat sebagai Perdana Menteri, kemudian sebagai presiden negara itu dari 2007 hingga 2012. Pada pilpres putaran pertama pemilihan 19 Maret lalu, Horta tidak mendapatkan lebih 50 persen suara, sehingga pemilu putaran kedua harus dilaksanakan. Namun kini, dia sudah menang jauh dari pesaingnya.[PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.