Dark/Light Mode

Beijing Tes Covid Besar-besaran

Khawatir Lockdown Ketat, Warga China Panic Buying

Senin, 25 April 2022 22:48 WIB
Warga antre dalam program uji massal Covid-19 di Beijing, kemarin. (Foto Reuters/Carlos Garcia Rawlins)
Warga antre dalam program uji massal Covid-19 di Beijing, kemarin. (Foto Reuters/Carlos Garcia Rawlins)

RM.id  Rakyat Merdeka - Beijing kembali melakukan pengujian massal Covid-19 untuk semua penduduk di distrik terbesar kota itu, Chaoyang, kemarin. Warga panic buying. Mereka memborong segala kebutuhan dari supermarket dan pasar di kota tersebut.

Pengujian massal itu dilakukan akibat belasan kasus baru Covid-9 di kota tersebut. Rakyat khawatir, Beijing akan menerapkan karantina wilayah atau lockdown ketat seperti di Shanghai. Pemerintah memperingatkan warga, tanpa disadari Covid itu telah menyebar di Kota Beijing selama sekitar sepekan sebelum terdeteksi.

Baca juga : Puan Bisa Berperan Untuk Atasi Harga Minyak Goreng

“Saat ini Covid menyebar dari sumber yang belum diketahui dan terus mengalami peningkatan,” kata seorang pejabat di Beijing, dilansir Reuters, kemarin.

Sejak Jumat, pekan lalu, Beijing telah melaporkan 47 kasus di Chaoyang yang berpenduduk sekitar 3,45 juta jiwa. Saat ini, sebagian besar sekolah, toko dan kantor tetap buka. Belasan bangunan di Chaoyang telah di-lockdown. Sementara, sebagian warga distrik akan menjalani tes pada Rabu dan Jumat pekan ini.

Baca juga : Menkeu Berharap INA Dapat Menarik Investasi Jangka Panjang

Seorang mahasiswa pascasarjana bermarga Zhang di distrik Haidian Beijing, merupakan salah warga yang mulai menyetok kebutuhan pokok. Dia membeli puluhan paket makanan ringan dan buah secara online. Tapi di saat yang sama, dia juga prihatin dengan kebijakan keras China menanggapi meningkatnya penyebaran Covid, meski saat ini hanya berfokus pada Chaoyang.

“Tapi, saya tetap mempersiapkan kemungkinan terburuk,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.