Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sowan Ke Muhammadiyah, Dubes Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pendidikan

Selasa, 26 April 2022 18:05 WIB
Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima silaturahmi Duta Besar Selandia Baru Kevin Burnett di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (25/4).
Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima silaturahmi Duta Besar Selandia Baru Kevin Burnett di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (25/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyambut kedatangan Duta Besar (Dubes) Selandia Baru, Kevin Burnett di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, Senin (25/4).

Kevin disambut Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni, dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto hadir melalui teleconference.

Mengawali sambutan, Haedar Nashir menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Selandia Baru yang berhasil membangun nilai-nilai demokrasi, penghargaan Hak Asasi Manusia dan pluralisme.

Baca juga : Dubes Iran Azad Temui Menkominfo, Bahas Kerja Sama Bilateral

Hal ini kata Haedar tampak pada sikap tegas Pemerintah dan rakyat Selandia Baru dalam melawan Islamofobia dampak tragedi penyerangan Masjid Christchurch pada 2019. Indisen beradarah itu mengakibatkan 40 jamaah meninggal dunia.

“Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang punya pandangan bahwa demokrasi, HAM, civil society, dan peradaban bangsa adalah bagian penting dari pandangan Islam. Tapi kita saat ini perlu saling menghargai nilai-nilai etik dan peradaban agar kehidupan antar bangsa dan negara itu saling respek dan membawa dunia ini makin maju dan sejahtera,” ucapnya.

Sebagai gerakan sosial keagamaan, Muhammadiyah berkomitmen kuat untuk menjadikan puluhan ribu lembaga pendidikan yang dimilikinya sebagai tempat internalisasi nilai-nilai agama dan Hak Asasi Manusia. Karenanya, dia berharap penguatan kerja sama antara Muhammadiyah dengan Selandia Baru di bidang pendidikan dan kesehatan.

Baca juga : Didoakan Kiai NU Dan Muhammadiyah, Demokrat Pede Hadapi Pemilu 2024

Terakhir, Haedar menyampaikan bahwa Muhammadyah berharap hubungan bilateral antara Indonesia dengan Selandia Baru dan negara-negara Pasifik juga semakin erat.

“Kami berharap, New Zealand sebagai salah satu negara di Pasifik  terus menjadi dapat menjadi mitra antar bangsa yang saling terpercaya dan membawa kemajuan.

Pada kesempatan yang sama, Dubes Burnett menyatakan siap bekerja sama lebih lanjut dengan Muhammadiyah. Apalagi, dirinya mengakui telah mengetahui peranan Muhammadiyah dalam membangun masyarakat sipil dan penghargaan pada Hak Asasi Manusia.

Baca juga : Hari Bumi, Muhammadiyah:Momentum Bangun Kesadaran Masyarakat

“Di masa mendatang, Indonesia akan menjadi negara besar yang selalu kami pandang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Burnett bertemu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus  di Kantor PBNU, pada Senin, 18/4/22. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.