Dark/Light Mode

Absen 2 Tahun Karena Pandemi

Ribuan WNI Di Belanda Serbu Masjid Untuk Shalat Id

Selasa, 3 Mei 2022 21:40 WIB
Suasana Shalat Id di masjid Indonesia di Belanda. (Foto: KBRI Den Haag)
Suasana Shalat Id di masjid Indonesia di Belanda. (Foto: KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rasa kangen Warga Negara Indonesia (WNI) di Belanda untuk melaksanakan Shalat Id secara berjamaah di masjid dengan keluarga dan sahabat akhirnya bisa terobati. Ribuan WNI yang berada di Negeri Kincir Angin akhirnya bisa kembali Shalat Id di sejumlah masjid Indonesia yang tersebar di beberapa kota, seperti di Den Haag, Amsterdam, Rotterdam, Delft, Waalwijk, dan Eindhoven.

Lebaran tahun lalu, Shalat Id dilaksanakan secara terbatas, dengan maksimal jumlah jemaah sebanyak 75 orang dalam satu ruangan. Sebab, suasana masih pandemi Covid-19.

Baca juga : Lebaran Besok, China Lakukan Buka Tutup Lokasi Shalat Id

Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas menghadiri Shalat Id di Masjid Indonesia Al-Hikmah, di Den Haag, bersama sekitar 900 masyarakat Indonesia. Dubes Mayerfas bersyukur, normalisasi kehidupan di Belanda yang dimulai sebelum Ramadan, sehingga masyarakat dapat melakukan ibadah puasa dengan lebih khusuk.

"Alhamdulillah, setelah 2 tahun ada pembatasan, tahun ini kita bisa menghadiri dan melaksanakan Shalat Id dengan normal. Semoga kondisi akan semakin membaik ke depannya sehingga pelaksanaan ibadah di tahun mendatang bisa semakin maksimal," ujar Dubes Mayerfas, seperti keterangan resminya, Selasa (3/5).

Baca juga : Idris Laena Tebar Ribuan Sembako Untuk Warga Bekasi

Shalat Id di Masjid Al Hikmah Den Haag dipimpin oleh Imam dan Khatib Syahril Siddik. Dia adalah Peneliti di Universitas Leiden yang juga tenaga pengajar UIN Malang, Jawa Timur, dan Pengurus Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda.

Dalam khutbahnya yang bertemakan "Hari Raya dan Hari Kemenangan", Siddik mengajak seluruh jemaah untuk memaknai kemenangan di hari Idul Fitri sebagai momentum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi Covid-19 yang masih melanda. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.