Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pidato Di UI, Luhut Bicara Penanganan Pandemi Hingga Pembentukan Karakter

Selasa, 12 April 2022 22:34 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok. UI)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Dok. UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai Presidensi G20, Indonesia harus dapat memainkan peran di dunia untuk kebangkitan ekonomi ke depan. Tak hanya itu, Indonesia juga harus outward looking, yaitu memperluas networking dengan dunia industri dan internasional.

Demikian disampaikan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Minister Talk “Bangkit Bersama, Bangkit Lebih Kuat: Indonesia Menyongsong Pascapandemi Covid-19”, di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (12/4). Kegiatan ini diikuti para mahasiswa peserta mata kuliah pengembangan kepribadian terintegrasi. Acara ini juga dihadiri langsung Rektor UI Prof Ari Kuncoro, bersama para wakil rektor, serta para dekan dan wakil dekan.

Dalam pemaparannya, Luhut mengatakan bahwa masa depan Indonesia berada di era peserta mata kuliah pengembangan kepribadian terintegrasi tersebut. “Anda sebagai seorang pemimpin harus cepat membuat keputusan dengan mendengarkan pendapat di sekelilingmu. Jangan pernah malu untuk mengakui kamu dibantu orang lain. Karena karena kalau bekerja sendiri, tidak akan menyelesaikan masalah. Kita harus berpikir bahwa kita bekerja dalam team work dan leadership yang baik,” ujar Luhut, seperti keterangan resmi UI yang diterima RM.id, Selasa (12/4).

Baca juga : HNW Minta Pemerintah Perjuangkan Kuota Terbaik

Luhut melanjutkan, kunci dari leadership adalah keteladanan. Memberikan contoh teladan kepada kanan-kirinya. “Saya di akademi militer belajar tiga hal, yaitu tanggap, tanggon, trengginas,” ucapnya. 

Ia melanjutkan, tanggap adalah kecerdasan yang tetap dipelihara terus. Tanggon merupakan karakter, jiwa, spirit. Sedangkan trengginas itu sehat. “Itu yang saya pelihara dalam hidup bahwa karakter itu penting, sesuai dengan kata perbuatan kita. Saya titip persatuan dan kesatuan menjadi kunci. Kalau mau Indonesia maju, kita harus kompak,” ujarnya. 

Komandan PPKM Jawa-Bali juga membahas dampak pandemi Covid-19, penanganan, serta upaya yang telah dilakukan Pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional. Menurutnya, pandemi membawa dampak besar terhadap perekonomian negara dunia. Masih banyak negara ekonominya belum kembali ke tingkat sebelum pandemi namun posisi Indonesia saat ini sudah kembali (rebound). 

Baca juga : Tugas Di Papua Itu Berat, Pangdam Ingatkan Anak Buahnya Kerja Tulus

“Pandemi belum berakhir, tetapi dunia dihadapkan pada tantangan baru, yakni invasi Rusia ke Ukraina. Yang menjadi lebih penting adalah, pertama kali Amerika Serikat menghadapi satu negara yang memiliki nuclear power terbesar di dunia, yaitu Rusia. Menanggapi masalah ini, Indonesia harus cermat bernavigasi sebagai Presidensi G20 berdasarkan UUD 1945,” terangnya.

Luhut lalu mengutip keterangan PBB yang memperkirakan perang Rusia-Ukraina akan menambah 7,6 -13,1 juta orang kelaparan di seluruh dunia. Rusia dan Ukraina berperan penting terhadap ekspor komoditas energi, pangan, dan logam dunia yang menyebabkan kenaikan harga komoditas. 

Oleh karena itu, kata Luhut, Indonesia harus kuat dalam produksi dalam negeri. Perang Rusia-Ukraina memicu kenaikan inflasi di berbagai negara, terutama didorong meningkatnya harga energi dan pangan. Kenaikan harga minyak, gandum, dan jagung meningkatkan nilai kebutuhan impor dari negara-negara seperti Mesir, Pakistan, Srilanka, dan Tunisia. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.