Dark/Light Mode

Jadi Host Agenda Penting Dunia

RI, Kamboja Dan Thailand, Dari ASEAN Untuk Stabilitas Global

Rabu, 4 Mei 2022 19:25 WIB
Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 di Nusa Dua, Bali. (Foto AFP)
Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 di Nusa Dua, Bali. (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia (RI), Kamboja, dan Thailand akan menjadi host (tuan rumah) tiga agenda penting pertemuan kepala negara di kawasan Asia Tenggara pada November mendatang.

ASEAN Summits and Related Meetings akan digelar di Kamboja. Indonesia akan menjadi tuan rumah agenda G20. Sedangkan Thailand akan menjadi tuan rumah agenda Asia-Pacific Economic Coorperatio (APEC).

Baca juga : Pemerintah, BUMD Dan Swasta Wajib Pekerjakan Disabilitas

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), ASEAN Summits digelar pada 11-13 November 2022, KTT G20 pada 15-16 November 2022, dan APEC pada 18-19 November 2022. 

ASEAN Summits, G20, dan APEC memiliki kesamaan. "Yakni memberikan kesempatan bagi semua negara anggota untuk berpartisipasi memajukan agenda global maupun regional. Demi menciptakan perdamaian, kemakmuran, serta pembangunan berkelanjutan dan inklusif bagi semua rakyat," tulis pernyataan bersama itu.

Baca juga : Tim Kementan Keliling Pasar Di Aceh Pantau Stabilitas Pangan

Ketiga negara tersebut juga bertekad untuk bekerja dengan semua mitra dan pemangku kepentingan untuk memastikan semangat kerja sama untuk memperkuat sentralitas dan kredibilitas di kawasan. 

“Sebagai tuan rumah pertemuan penting tahun ini, kami bertekad untuk bekerja dengan semua mitra dan pemangku kepentingan untuk memastikan semangat kerja sama. Kami di Asia Tenggara terus memperkuat sentralitas, kredibilitas, dan relevansi ASEAN dalam upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di negara secara regional dan global,” tegas pernyataan bersama tersebut. 

Baca juga : Ingatkan Soal Pentingnya Relasi Agama Dan Kebangsaan, PDIP Undang Cak Nun

Kemlu RI menyatakan, Indonesia yang memegang Presidensi G20 tahun ini, berkomitmen untuk memastikan G20 relevan tidak hanya bagi anggotanya tetapi juga bagi dunia, terutama bagi negara berkembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.