Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto

Ajak ASEAN Kelola Gambut Secara Berkelanjutan

Selasa, 10 Mei 2022 07:05 WIB
Dubes Gandi Sulistiyanto (Foto KBRI Seoul)
Dubes Gandi Sulistiyanto (Foto KBRI Seoul)

 Sebelumnya 
Dubes Gandi mengatakan, Pemerintah Indonesia memiliki komitmen kuat untuk mengelola ekosistem gambut misalnya dengan membangun sistem pemantauan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Ada juga promosi pemanfaatan lahan gambut berkelanjutan yang siap ditingkatkan skala implementasinya di tingkat nasional maupun regional.

Meski tidak mudah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan Restorasi Gambut dan Mangrove serta masyarakat dan pelaku usaha terus berupaya keras untuk memastikan gambut bisa dikelola secara berkelanjutan.

Baca juga : Dubes RI Gandi Sulistiyanto Sambut Gembira MoU Ekonomi Digital RI-Korsel

Komitmen Indonesia untuk melakukan pengelolaan gambut berkelanjutan juga mendapat dukungan dari dunia Internasional. Salah satunya, Korea Indonesia Forest Cooperation Center (KIFC) mendukung pemulihan Hutan Lindung Londerang di Jambi.

Menurut dia, meski teknologi, dukungan politik, dan pembiayaan berperan namun yang terpenting dalam restorasi gambut adalah kesadaran pentingnya gambut dan pelibatan masyarakat.

Baca juga : Dari Tanah Suci, Salim Segaf Berdoa Untuk Keselamatan Bangsa Dan Negara

“Pada masyarakat yang memiliki pemahaman maka gambut akan lebih terlindungi,” pungkasnya.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.