Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Gandi Sulistiyanto Sambangi Situs Perdamaian Semenanjung Korea

Senin, 7 Februari 2022 08:45 WIB
Dubes RIuntuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto. (Foto: KBRI Seoul)
Dubes RIuntuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto. (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto Soeherman mengunjungi Zona Demiliterisasi Panmunjom, di Paju, Provinsi Gyeonggi, Jumat (4/2).

Ini kunjungan pertama seorang Kepala Perwakilan Indonesia untuk Korsel setelah Panmunjom dibuka kembali sejak 31 November 2021. Selama masa pandemi, daerah tersebut ditutup.

Berita Terkait : Temui Menko Airlangga, Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama Perdagangan Dan Energi

Panmunjom identik sebagai situs lahirnya deklarasi untuk Perdamaian, Kesejahteraan dan unifikasi antara Korea Utara (Korut) dan Selatan. Yakni, lokasi ditekennya Perjanjian Gencatan Senjata antara kedua negara pada 1953.

Di tempat itu juga, Pemerintah Korsel dan Korut menggelar pertemuan tingkat tinggi untuk pertama kalinya pada 27 April 2018, setelah lebih dari satu dekade.

Berita Terkait : Airlangga-Dubes Selandia Baru Bahas Peluang Kerja Sama Perdagangan Sampai Energi

Setelah pertemuan tersebut, kontingen Korsel dan Korut ber-alan bersama di bawah bendera unifikasi pada pembukaan Asian Games tahun 2018 di Jakarta dan Palembang (Indonesia).Sulis bangga dapat berkunjung ke tempat dirintisnya upaya perdamaian Semenanjung Korea.

“Kami tentu bangga. Indonesia juga pernah menjadi saksi kekompakan dua negara serumpun di ajang olahraga tingkat Asia,” ujar Dubes Sulis, dalam keterangan KBRI Seoul, Sabtu (5/2).
 Selanjutnya