Dark/Light Mode

Pilpres Filipina

Unggul Telak, Marcos Jr Ogah Klaim Kemenangan

Selasa, 10 Mei 2022 07:01 WIB
Ferdinand Marcos Jr dan Leni Robredo (Foto Ist)
Ferdinand Marcos Jr dan Leni Robredo (Foto Ist)

 Sebelumnya 
Pemilu kali ini diperkirakan diikuti lebih dari 65 juta warga Filipina. Sebanyak sepuluh kandidat maju dalam pemilihan presiden Filipina untuk menggantikan Rodrigo Duterte. Meski demikian, hanya Marcos Jr dan Robredo memiliki peluang besar untuk menang.

Baca juga : Pilpres 2024, Erick Paling Pas Jadi Pasangan Ganjar

Sebelum pemungutan suara, beberapa aktivis hak asasi manusia, pemimpin gereja Katholik, dan analis politik takut, kemenangan Marcos Jr kembali membawa negara itu ke era rezim diktator ayahnya.

Baca juga : Elektabilitas Merangkak, Erick Harus Jaga Momentum

"Kami pikir itu (kemenangan Marcos Jr) bakal memperburuk krisis kemanusiaan di negara ini," kata Sekretaris Jenderal dari Aliansi Hak Asasi Manusia Karapatan, Cristina Palabay.

Baca juga : SEA Games, Timnas U-23 Masih Banyak Kekurangan

Begitu juga dengan analis politik Richard Heydarian memperingatkan, kemenangan Marcos Jr dapat membuat pria itu mengganti dasar hukum untuk memperkuat kekuasaan dan melemahkan demokrasi. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.