Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi

Berharap Dukungan JK Eratkan Jakarta-Tokyo

Kamis, 12 Mei 2022 08:30 WIB
Dubes Heri Akhmadi bersama Jusuf Kalla di Tokyo, Jepang, Selasa, 10 Mei 2022. (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi bersama Jusuf Kalla di Tokyo, Jepang, Selasa, 10 Mei 2022. (Foto KBRI Tokyo)

 Sebelumnya 
Selain berjasa memperkuat hubungan Jakarta-Tokyo, JK dinilai berkontribusi ketika terjadi tsunami di Fukushima pada 2011 yang menelan korban 18.000 jiwa. Kala tsunami terjadi, JK berada di Tokyo, dan sedang bersama M. Lutfi yang menjabat sebagai Dubes RI untuk Jepang.

Baca juga : Ajak ASEAN Kelola Gambut Secara Berkelanjutan

Di Fukushima ada ratusan warga Indonesia yang butuh bantuan dan perlu dievakuasi. Sementara hubungan komunikasi terputus, listrik juga padam. Selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), dalam situasi tidak menentu ia berinisiatif membantu. JK minta agar disiapkan semacam mobil penerangan yang dilengkapi loudspeaker dan microphone.

Baca juga : 20 Atlet Thomas-Uber Indonesia Bertolak Ke Bangkok, Ini Harapan Manager

Dengan kelengkapan tersebut, mobil itu berkeliling wilayah tersebut sambil memutar lagu-lagu nasional Indonesia, terutama Indonesia Raya. Mendengar lagu itu, WNI mencari sumber suara. Hasilnya, dalam 1-2 hari terkumpul 600-an orang Indonesia, yang kemudian segera dievakuasi dengan bus keluar dari Fukushima ke tempat lebih aman, antara lain Tokyo.

Baca juga : Polda Metro Larang Warga Jakarta Dan Sekitarnya Takbir Keliling

Bukan hanya itu, ketika berlangsung seminar tentang tsunami di Sendai 3 Maret 2015 yang diselenggarakan PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), JK mengimbau agar dunia internasional membantu Jepang menyelesaikan rekonstruksi di Fukushima.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.