Dark/Light Mode

Duta Besar Rusia Untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva

Puji Indonesia Tidak Tunduk Tekanan Barat

Jumat, 20 Mei 2022 07:39 WIB
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Dok Kedubes Rusia)
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. (Dok Kedubes Rusia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi Indonesia sebagai Ketua Group of Twenty, G20 tahun ini terus jadi sorotan. Negara- negara Barat seperti Amerika Serikat, Inggris dan Kanada sudah berulang kali menegaskan, agar Indonesia memboikot Rusia dalam pertemuan tersebut.

Namun, Indonesia teguh dan tetap bersikap netral. Sebagai jalan tengah, Presiden Joko Widodo pun memutuskan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, November mendatang.

Baca juga : Perkuat Bisnis di Indonesia, KoinWorks Tunjuk Manajemen Baru

Langkah Indonesia, membuat salut Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva. Dia tahu, posisi Indonesia cukup sulit. Namun, Indonesia memilih tetap netral.

“Saya kagum dengan sikap Indonesia yang tidak kenal menyerah pada tekanan Barat, untuk melarang Rusia hadir di KTT G20 karena perang di Ukraina,” ujar Dubes Vorobieva dikutip Sputnik, Rabu (18/5).

Baca juga : Garuda Muda Kudu Fokus Dan Waspada

“Indonesia tidak ikut dalam perang ekonomi melawan Rusia dan tentu saja Indonesia mendapat tekanan Barat. Namun, sejauh ini mereka menentang dan tetap pada politik bebas aktif mereka,” sambungnya.

Tentu saja, lanjut Vorobieva, Indonesia memperhitungkan hubungan bilateral dengan Rusia. Dia menyebut, Rusia dan Indonesia memiliki proyek investasi dan perdagangan yang berkembang cukup baik selama ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.