Dark/Light Mode

Bamsoet Dukung Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring Indonesia-Laos

Senin, 4 April 2022 15:57 WIB
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berdiri tengah) menerima Dubes Indonesia untuk Laos, Pratito Soeharyo, di Jakarta, Senin (4/4). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR/Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berdiri tengah) menerima Dubes Indonesia untuk Laos, Pratito Soeharyo, di Jakarta, Senin (4/4). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung kegiatan Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring pada Juni-Juli 2022 yang diadakan IMI bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Laos, Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Kegiatan ini sebagai bagian dari touring diplomasi mengenalkan kekayaan budaya, seni, destinasi wisata, serta produk koperasi dan UMKM asal Indonesia. Sekaligus dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Laos.

"Touring akan start dari Indonesia dengan melintasi enam negara, yakni Singapura, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, hingga akhirnya finish di Laos. KBRI di sejumlah negara yang dilalui tersebut juga sudah mendukung kegiatan Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring. Sekitar 50 motor berbendera Indonesia akan ikut serta dalam kegiatan turing ini," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima Dubes Indonesia untuk Laos, Pratito Soeharyo, di Jakarta, Senin (4/4).

Baca juga : Bamsoet Lantik Pengurus Indonesia Crypto Consumers Association

Pertemuan turut dihadiri hadir para pengurus IMI Pusat. Antara lain Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Direktur Mobilitas Sepeda Motor Joel Mastana, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho dan Hasby Zamri. Hadir pula Ketua Pembina Parma Riders Community yang juga aktif mendukung Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring Bernard Santony dan Ketua Parma Riders Community Ignatius Jonathan.

Ketua MPR ini menjelaskan, Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring juga sebagai bagian untuk mempererat silaturahmi antar anggota motor di berbagai negara ASEAN. Sekaligus sosialisasi fasilitas IMI berupa dokumen FIA Carnet De Passages En Douane (CPD) atau yang dikenal dengan visa kendaraan bermotor lintas negara.

Baca juga : Bamsoet Dukung Kamar Entrepreneur Indonesia Geliatkan Perekonomian Daerah

"CPD sangat bermanfaat bagi pada komunitas otomotif yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari Tanah Air untuk melintasi negara-negara di kawasan ASEAN. Fasilitas ini dapat terwujud berkat dukungan yang luar biasa dari Bea dan Cukai Indonesia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, selama touring, para peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan dari KBRI di masing-masing negara yang dilalui. Seperti Wonderful Indonesia Cultural Night hingga melakukan bakti sosial.

Baca juga : Ninja Karo Dan Lampung Guncang Underground Fighting Indonesia

"Kegiatan promosi seni, budaya, destinasi wisata, hingga produk koperasi dan UMKM Indonesia melalui interaksi antara biker Indonesia dengan komunitas motor setempat di enam negara ASEAN yang dilalui, merupakan sebuah terobosan diplomasi yang out of the box. Selain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat di negara-negara yang menjadi rute touring mengenai Indonesia dengan melibatkan sejumlah pemangku kepentingan terkait, juga merupakan sarana yang efektif guna meningkatkan people-to-people contact di kawasan ASEAN," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.