Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Bulgaria, Genjot Kerja Sama Universitas

Senin, 30 Mei 2022 07:23 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta.(Foto KBRI Sofia)
Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta.(Foto KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Bulgaria Iwan Bogananta menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama antara Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan University of Forestry Sofia, Bulgaria, Kamis (27/5).

MoU ini ditandatangani Rektor Unhas Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc. dan Rektor University of Forestry Sofia Prof DSc Ivan Alexandrov Iliev. Hadir dalam penandatanganan tersebut, Wakil Rektor University of Forestry Sofia dan Duta Besar Bulgaria untuk Indonesia Petar Andonov.

Baca juga : Bangkit Dari Pandemi, Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

MoU ini mencakup lima bentuk kerja sama. Yakni pendidikan, penelitian, pengembangan masyarakat, inovasi, dan aktivitas bisnis yang turunannya antara lain penelitian bersama, tukar-menukar mahasiswa dan dosen, serta kerja sama berbagai inovasi teknologi.

“Kami berharap MoU tersebut, dapat segera ditransformasikan menjadi tindakan nyata,” kata Dubes Iwan yang ngepos di Ibu Kota Bulgaria, Sofia.

Baca juga : Dubes RI Untuk Malaysia Happy Hadiri Wisuda 113 Siswa Indonesia

“Semoga kerja sama bidang kehutanan ini dapat segera memberikan manfaat secara ekonomi untuk rakyat kedua negara,” harapnya.

Menurut data Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, total luas hutan Indonesia sebesar 95,6 juta hektar atau sekitar 50,9 persen dari total wilayah Indonesia. Sementara luas hutan Bulgaria 4,1 juta hektar atau sekitar 33 persen dari luas wilayah Bulgaria.

Baca juga : PGN Dan Afiliasi SK E&S Teken Kerja Sama Jual Beli LNG Internasional

Prof Jamaludin dalam sambutannya mengatakan, tahap kerja sama antar universitas akan segera direalisasikan pengembangan riset, dan pertu- karan dosen dan mahasiswa. Dalam waktu dekat, dijadwalkan mengundang delegasi kedua belah pihak untuk saling kunjung.

MoU ini adalah yang kedua bagi Unhas dengan lembaga pendidikan di Bulgaria. Sebelumnya, Unhas menandatangani MoU Kerja Sama dengan Institute of ICT, Bulgarian Academy of Sciences, Joint Training Simulation & Analysis Center (JTSAC), 28 April 2022.■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.