Dark/Light Mode

Sebelum Jumpa Jokowi, Putin Kunjungi Dua Negara Eks Soviet

Senin, 27 Juni 2022 20:16 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin.(Foto AP/Alexei Druzhinin/Shutterstock)
Presiden Rusia Vladimir Putin.(Foto AP/Alexei Druzhinin/Shutterstock)

 Sebelumnya 
Terakhir kali Putin melakukan kunjungan ke luar negeri adalah ke Beijing, pada awal Februari 2022. Pada kesempatan itu, ia dan Presiden China Xi Jinping mengungkapkan kesepakatan persahabatan ‘tanpa batas’, beberapa jam sebelum keduanya menghadiri seremoni pembukaan Olimpiade Musim Dingin.

Baca juga : Sebelum Reshuffle, Jokowi Kumpulkan Para Ketum Partai Koalisi

Putin memerintahkan pengerahan pasukan ke Ukraina sejak 24 Februari lalu, dalam upaya menurunkan kemampuan militer dan mencegah negara tetangganya itu dimanfaatkan Barat untuk mengancam Rusia. Ukraina menyebut, invasi Rusia itu sebagai perampasan tanah bergaya kekaisaran.

Baca juga : Jokowi Galang Kekuatan Dukung Jagoannya

Jokowi diketahui terbang ke Eropa pekan ini untuk membawa misi perdamaian dunia, yakni menghentikan perang Rusia dan Ukraina. Pertama, Jokowi akan mengunjungi Jerman untuk menghadiri KTT G7. 

Baca juga : Jokowi & Ibu Iriana Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno Di Ende

Dari Jerman, Jokowi bertolak ke Ukraina. Di sana, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk membuka dialog perda- maian dengan Rusia. Selepas itu, Jokowi akan bertemu dengan Putin di Rusia. Jokowi akan meminta Putin menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.