Dark/Light Mode

Isi e-HAC Dulu Ya, Pastikan Semua Terlindungi Dari Covid-19

Jumat, 4 Maret 2022 09:00 WIB
Aplikasi e-HAC (Aplikasi e-HAC).
Aplikasi e-HAC (Aplikasi e-HAC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenkes_RI mengunggah meme tentang ketentuan bagi pelaku perjalanan domestik untuk mengisi electronic-Health Alert Card (e-HAC) sebelum keberangkatan. Ketentuan tersebut berlaku mulai 3 Maret 2022, untuk perjalanan udara, darat dan laut.

e-HAC terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, sehingga memudahkan akses pelaku perjalanan. eHAC juga berisi informasi kelayakan perjalanan dan status warna hitam apabila terkonfirmasi Covid-19.

“Jika tidak bisa dilanjutkan dengan status tidak layak jalan, maka pelaku perjalanan diarahkan ke petugas kesehatan,” tulis Kemenkes_ri.

Baca juga : Indonesia Dukung 30 Persen Perlindungan Daratan Dan Lautan

Untuk syarat layak jalan, yaitu vaksin dosis 1 + hasil tes negatif PCR paling lambat 3x24 jam sebelum perjalanan. Bagi yang sudah vaksin lengkap dan booster + hasil tes negatif antigen paling lambat 1x24 jam sebelum perjalanan.

“Sebelum mengisi e-HAC, pengguna disarankan meng-update aplikasi PeduliLindungi. Dalam pembaruan ini, eHAC memiliki fitur pengecekan kelayakan terbang dengan tampilan yang lebih ramah pengguna,” jelas Kemenkes_ri.

Akun @Juniormuktamar setuju dengan aturan baru tersebut. Agar pelaku perjalanan tidak foto-foto dulu, melainkan langsung mengisi e-HAC. Dia juga meminta petugas bandara diedukasi bahwa kelayakan terbang sudah ada pada aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga : Bamsoet Puji Keterlibatan TNI-Polri Tanggulangi Pandemi Covid-19

“Informasi yang sangat membantu,” ujar @ Gita_safitri.

Akun @aokunst mengatakan, pengisian e-HAC sebelum keberangkatan membuat mudah penumpang. Pengisian e-HAC pada aplikasi Pedulilindungi bisa dilakukan sambil menunggu kesiapan pemberangkatan.

“Di e-HAC kamu hanya perlu mengisi data pribadi dan informasi penerbangan untuk mengetahui kelayakan terbang kamu secara lebih mudah,” ujar @LIA_AP1.

Baca juga : Syukurlah, Pelatih Persija Sudirman Sembuh Dari Covid-19

Menurut @sub_ap1, fitur e-HAC domestik udara hadir dengan tampilan baru. Yaitu, tampilan yang akan lebih mempermudah sebelum melakukan penerbangan domestik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.