Dark/Light Mode

Mahasiswa Lebanese University Antusias Keliling Kapal Perang RI

Kamis, 30 Juni 2022 15:23 WIB
Para peserta tur Kapal Perang KRI Sultan Iskandar Muda-367 dari Lebanese University (LU) di Beirut, Lebanon, Rabu, 29 Juni 2022, berfoto bersama. (Foto RM/KBRI Beirut)
Para peserta tur Kapal Perang KRI Sultan Iskandar Muda-367 dari Lebanese University (LU) di Beirut, Lebanon, Rabu, 29 Juni 2022, berfoto bersama. (Foto RM/KBRI Beirut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beirut, Lebanon, bekerja sama dengan Kapal Perang KRI Sultan Iskandar Muda-367 mengadakan kegiatan Ship Tour yang dihadiri 50 mahasiswa dan civitas akademika Lebanese University (LU) di Beirut, Rabu (29/6).

Kegiatan tersebut tidak hanya untuk mempromosikan seni dan budaya Indonesia, tetapi juga untuk mensosialisasikan peran aktif TNI dalam menjaga keamanan dunia dalam United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

Dalam kegiatan Ship Tour tersebut, para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan professor/dosen pengajar Universitas menyaksikan tarian Perang dari Papua yang dibawakan para awak kapal KRI SIM-367. Tur keliling KRI SIM-367 dipandu perwira KRI SIM-367. Ada juga pemutaran video kebudayaan/pariwisata Indonesia, dan peran KRI dalam misi perdamaian dunia Maritime Task Force (MTF) UNIFIL.

Tak hanya keliling-keliling, para peserta juga menikmati aneka jajanan pasar khas Indonesia seperti risol, lumpia, klepon, bubur sumsum dan bolu kukus, serta kopi instan produk Indonesia, Caffino dan Tora Bika.

Baca juga : Elemen Pemuda, Mahasiswa Dan Buruh Serukan Semua Pihak Kawal Pembangunan IKN

Pimpinan rombongan Universitas LU, Dr Ahmad Rabah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sedalam-dalamnya kepada KBRI Beirut dan KRI SIM-367. Baginya, kegiatan tersebut merupakan undangan kehormatan dan menandakan kuatnya hubungan persahabatan Indonesia dan Lebanon. Khususnya antara KBRI dan Universitas LU.

Baginya Indonesia adalah negara yang sangat indah, dipenuhi keindahan alam dan pariwisatanya. Cyintia, salah seorang peserta juga mengungkapkan kegembiraannya karena mendapat kesempatan bisa naik Kapal Perang RI.

Sebelum penutupan acara, Windy, salah satu awak KRI memandu sesi kuis terkait Indonesia dan KRI. Berbagai pertanyaan disampaikan secara singkat, tetapi bergaya milenial, sehingga menarik perhatian seluruh peserta.

Peserta berebut mengangkat tangan dan mencoba menarik perhatian pemandu agar dipilih untuk menyampaikan jawaban. “Indonesia Raya Raya”, jawab salah seorang peserta, saat menjawab pertanyaan judul lagu kebangsaan Indonesia.

Baca juga : Pemuda, Mahasiswa, Dan Buruh Berkomitmen Kawal Pembangunan IKN Sampai Tuntas

Aksen yang canggung namun penuh semangat tersebut menimbulkan tawa dan memicu semangat peserta lain untuk ikut memberikan jawaban serupa. Berbagai souvenir berupa topi dan tas dari KRI SIM-367 diberikan sebagai apresiasi untuk peserta yang dapat menjawab pertanyaan kuis.

Kegiatan Ship Tour tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Beirut dalam meningkatkan promosi seni budaya dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Lebanon, khususnya kepada kalangan mahasiswa/i dan civitas akademika Universitas LU.

“Kegiatan Ship Tour ini merupakan salah satu program Indonesian Corner, kerja sama KBRI Beirut dengan Universitas LU yang telah dibuka  Duta Besar dan Rektor LU pada  Juni 2021," jelas Pelaksana Fungsi Pensosbud Eddy Mulya.

Lebih lanjut Eddy Mulya menyampaikan, melalui kegiatan Ship Tour dan program promosi lainnya pada Indonesian Corner diharapkan dapat memberikan tambahan informasi tentang Indonesia dan peran Indonesia dalam menjalankan misi perdamaian.

Baca juga : Penentu Capres Partai Papan Tengah

Kapal Perang

KRI Sultan Iskandar Muda-367 adalah alat utama sistem persenjataan (alutsista) kapal perang TNI Angkatan Laut (AL). Dilansir dari tni.mil.id, KRI Sultan Iskandar Muda-367 merupakan kapal korvet kelas Sigma. KRI SIM-367 dipesan dari Schelde Naval Shipbuilding, Belanda. 

Kapal perang KRI Sultan Iskandar Muda-367 merupakan kapal generasi ketiga dari empat unit yang dibangun di negeri kincir angin, Belanda. KRI Sultan Iskandar Muda-367 diklaim sebagai kapal perang berteknologi mutakhir yang dilengkapi dengan berbagai persenjataan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.