Dark/Light Mode

Menlu G20 Sampaikan Simpati Mendalam Atas Kejadian Penembakan Shinzo Abe

Jumat, 8 Juli 2022 15:31 WIB
Menlu Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)
Menlu Retno Marsudi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Atas nama para Menteri Luar Negeri G20, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyampaikan simpati mendalam atas penembakan yang terjadi pada mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di Prefektur Nara, Jepang, Jumat (8/8).

Rasa simpati itu disampaikan langsung kepada Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi yang hadir para Pertemuan Para Menlu G20 di Bali, Jumat (8/7).

Baca juga : PM Kishida Kutuk Pelaku Penembakan Shinzo Abe

"Kami turut mendoakan pemulihan dan kesembuhan Yang Mulia Shinzo Abe," kata Menlu Retno dalam keterangan resminya dikutip dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jumat (8/7).

Menlu Retno juga menyampaikan, bahwa saat ini mengetahui bahwa Shinzo Abe dalam kondisi terluka dan berada dalam penanganan intensif.

Baca juga : Tetsuya Yamagami, Pelaku Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditangkap Polisi

Sebagaimana diketahui, pada Jumat, 8 Juli 2022, sekitar pukul 11.00 JST telah terjadi penembakan di dekat Stasiun Yamatosaidaiji, Kota Nara, Prefektur Nara. Terdengar dua kali suara letusan senjata yang berasal dari arah belakang PM Shinzo Abe dan diberitakan mengenai bagian dada.

Mantan PM Abe saat itu sedang melakukan kampanye pemilihan Upper House. Setelah penembakan, Shinzo Abe langsung dilarikan ke Rumah Sakit dan diberitakan dalam kondisi kritis.

Baca juga : Airlangga Pasang Badan Untuk Jokowi

Berdasarkan pemberitaan, polisi sudah menangkap satu orang terduga pelaku. Shinzo Abe merupakan salah satu politisi senior Jepang. Periode pertamanya sebagai PM Jepang adalah sejak 26 September 2006 hingga pengunduran dirinya pada 26 September 2007.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.