Dark/Light Mode

Penumpang Transjakarta Manggarai Melonjak Imbas Perubahan Perjalanan KRL

Kamis, 2 Juni 2022 20:08 WIB
Suasana pelayanan bus Transjakarta di Halte Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Suasana pelayanan bus Transjakarta di Halte Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jumlah penumpang Rute 6M Transjakarta di Halte Manggarai mengalami kenaikan hingga 18 persen setelah perubahan pola operasi perjalanan KRL terkait Switch Over ke-5 (SO5) di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Iwan Samariansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi peningkatan jumlah penumpang dengan menambah sebanyak lima unit armada pada rute 6M (Manggarai - Blok M), mulai Senin (30/5).

"Selain itu, kami maksimalkan layanan yang ada pada rute 4 (Pulogadung - Tosari), 4B (Stasiun Manggarai - UI) dan 4D (Pulogadung - Kuningan)," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6).

Baca juga : Pemerintah Siap Lindungi Identitas Seluruh Pelapor

Iwan mengatakan, berdasarkan data Transjakarta rute Manggarai - Blok M (6M) pada Selasa, 31 Mei 2022 tercatat mengangkut pelanggan sebanyak 1.146 orang. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 18 persen dibanding periode sebelumnya, Selasa 24 Mei 2022 sebanyak 966 orang. 

"Kenaikan juga terjadi di tiga rute lainnya. Antusiasme ini membuktikan penyesuaian yang kami lakukan efektif dalam membantu penumpang kereta dari Stasiun Manggarai melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan,” tambahnya.

Menurut Iwan, sejauh ini arus pelanggan di Halte Manggarai berjalan dengan baik dan tidak ada penumpukan mengingat waktu tunggu diberlakukan setiap 5 (lima) menit. Selain itu, pelanggan juga terpantau patuh terhadap semua peraturan protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. 

Baca juga : Depo Bangunan Catat Kenaikan Penjualan Di Awal Tahun 2022

“Terima kasih pada semua karyawan dan pelanggan yang saling memahami satu sama lain. Kami akan terus memastikan seluruh pelanggan terlayani dengan baik, aman dan nyaman hingga pola operasi normal kembali,” tandasnya. 

Sebelumnya, pihak KAI Commuter melakukan Switch Over (SO) atau peralihan sistem persinyalan ke-5 di Stasiun Manggarai pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari.

SO dimaksudkan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai, sehingga pembangunan akan dilanjutkan.

Baca juga : Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

SO ini juga membuat adanya perubahan jalur kereta relasi Bekasi-Jakarta dan relasi Bogor-Jakarta. Kepadatan pun akhirnya terjadi dan berlangsung sejak akhir pekan lalu. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.