Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menlu AS: Kepemimpinan Indonesia Satukan G20

Jumat, 8 Juli 2022 21:36 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berbincang dengan Menlu Amerika Serikat Antony John Blinken di Nusa Dua, Bali, Jumat, 8 Juli 2022.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) berbincang dengan Menlu Amerika Serikat Antony John Blinken di Nusa Dua, Bali, Jumat, 8 Juli 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di G20. Ia juga memuji upaya Indonesia memastikan slogan G20, Recover Together, Recover Stronger atau Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat, diwujudkan.

Demikian ucapan Blinken ketika bertemu Menlu RI Retno Marsudi menjelang pertemuan Foreign Ministers Meeting/FMM G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat (8/7).  

"Terima kasih banyak dan seperti yang telah saya sampaikan pada rekan-rekan kami sebelumnya saya berterima kasih pada kepemimpinan Anda, kepemimpinan Indonesia menyatukan G20," kata Blinken seperti dikutip dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri AS, Jumat (8/7).

Berita Terkait : Doakan Indonesia Sukses Gelar KTT G20

"Tidak hanya menyatukan kami tapi memimpin kami, dan terutama bekerja memastikan kami pulih bersama, pulih lebih kuat. Kami telah melihat dampak Covid yang masih bertahan. Sayangnya kami juga melihat dampak agresi Rusia pada Ukraina membuat semuanya menjadi lebih sulit," imbuh Menlu ke-71 AS.

Blinken menekankan, AS juga yakin dengan multilateralisme menjadi salah satu solusi dari dampat tersebut.

"Kami mendengarkan Ibu Menlu berbicara tentang keyakinan Indonesia bahwa tidak ada satu masalah pun yang kita hadapi, sebagai kumpulan negara, yang dapat ditangani secara efektif jika suatu negara bertindak sendiri," tuturnya.

Berita Terkait : Milenial Jabar Kompak Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

"Kami sangat setuju dengan hal itu, dan itulah mengapa multilateralisme sangat penting dan kepemimpinan Indonesia saat ini sangatlan penting bukan hanya untuk Indonesia, bukan hanya untuk Amerika Serikat, tetapi untuk dunia," imbuh Menlu yang terlahir dari keluarga diplomat.  

Pada kesempatan itu, Menlu Retno menyambut hangat kehadiran Blinken di Bali.

"Ini bukan pertama kalinya bagi Anda mengunjungi Indonesia, dan terima kasih banyak atas dukungan Anda yang untuk Indonesia," ucap Retno.

Berita Terkait : FIBA Asia Cup, Indonesia Simpan Bolden

"Dari waktu ke waktu kita berusaha untuk memperkuat kerja sama bilateral. Kita adalah mitra strategis, dan kita memiliki begitu banyak upaya bersama dalam berbagai isu internasional. Jadi Tony, sekali lagi, selamat datang di Bali, Indonesia," tandas Retno.***