Dark/Light Mode

Dubes Aljazair Untuk Indonesia Lahcene Kaid-Slimane

Doakan Indonesia Sukses Gelar KTT G20

Jumat, 8 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Lahcene Kaid-Slimane (kiri) menyambut  kedatangan Menteri ESDM Arifin Tasrif di Perayaan HUT Kemerdekaan Aljazair di Hotel Le Meridien, Selasa, 5 Juli 2022. (Foto Kedubes Aljazair)
Dubes Lahcene Kaid-Slimane (kiri) menyambut kedatangan Menteri ESDM Arifin Tasrif di Perayaan HUT Kemerdekaan Aljazair di Hotel Le Meridien, Selasa, 5 Juli 2022. (Foto Kedubes Aljazair)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-60 Aljazair digelar meriah. Kedutaan Besar Aljazair mengundang sahabat dan rekan dekat, setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Berlokasi di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (5/7), Duta Besar (Dubes) Aljazair untuk Indonesia Lahcene Kaid-Slimane tampak happy menyambut satu per satu tamu undangan. Sejumlah duta besar negara sahabat nampak berdatangan. Pemerintah indonesia diwakili Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Dalam pidatonya, Dubes Slimane memaparkan kekagumannya pada indonesia dan mendoakan untuk kesuksesan Presidensi G20 Indonesia.

“Aljazair selalu dengan senang hati menyampaikan kekagumannya kepada Indonesia atas pencapaian penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial serta diplomasi sebagai aktor regional di tingkat ASEAN dan kancah internasional,” ujar Dubes Kaid-Slimane.

Baca juga : AFL Jadi Perekat Jakarta-Canberra

“Aljazair berharap suksesnya KTT G20 di Bali. Recover Together, Recover Stronger,” imbuhnya.

Selain itu, Dubes yang baru ngepos di indonesia sekitar lima bulan ini juga memaparkan sekilas informasi mengenai Aljazair dan hubungan dengan indonesia.

Kaid-Slimane menjelaskan, Aljazair merupakan negara terbesar di Afrika dengan lokasi strategis untuk membentuk hubungan politik, ekonomi dan budaya antara Afrika, Timur Tengah dan Eropa. Aljazair merupakan salah satu dari lima ekonomi teratas di Afrika yang memiliki stabilitas politik.

Sejak Presiden Abdelmadjid Tebboune terpilih pada Desember 2019, dia telah meluncurkan reformasi politik yang mendalam. Seperti tiga pemilu dalam dua tahun, 2020-2022, konstitusi baru, dan pembentukan parlemen.

Baca juga : Nobar The Big Hit Tutup Gelaran EoS

Menurut Kaid-Slimane, reformasi politik tersebut adalah bentuk dari demonstrasi stabilitas negara dan perubahan damai untuk memperkuat demokrasi, supremasi hukum, dan pemerintahan yang baik.

Tak hanya itu, Aljazair juga dilaporkan terlibat dalam pembangunan ekonomi modern. Berkat sumber daya alamnya terutama hidrokarbon, indikator menunjukkan kemajuan so sial dan ekonomi di semua lini. Kemajuan tersebut bahkan terlepas dari krisis dunia akibat pandemi Covid-19 dan dampak konflik Rusia-Ukraina.

Mengenai hubungan dengan indonesia, Slimane mengatakan, aljazair dan indonesia dengan senang hati menikmati hubungan sejarah persahabatan, kerja sama, dan solidaritas yang berakar dari perjuangan bersama melawan kolonialisme sejak Konferensi Asia Afrika Bandung 1955.

“Aljazair bersyukur dan bangga dengan dukungan diplomatik dan tentara yang diberikan Indonesia. Aljazair berterima kasih kepada Presiden Sukarno,” beber Kaid-Slimane.

Baca juga : Dampingi Dubes Chiba Serahkan Bintang Jasa Musim Gugur

“Izinkan saya untuk memberi hormat kepada anggota keluarga teman-teman Revolusi Aljazair Indonesia,” sambungnya.

Acara ditutup dengan makan malam bersama. Para tamu disuguhi beberapa kuliner khas negara Afrika Utara tersebut seperti couscous hingga shakshouka. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.