Dark/Light Mode

Sung Yong-kim, Calon Dubes AS Untuk Indonesia

Jumat, 12 Juli 2019 14:12 WIB
Sing Yong-Kim
Sing Yong-Kim

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk Sung Yong-kim sebagai duta besar di Indonesia, menggantikan Joseph Donovan Jr. Sung adalah sosok yang mengatur pertemuan perdana Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tahun lalu.

Sung, yang masih bertugas sebagai Dubes AS di Filipina masih perlu mendapatkan persetujuan Senat agar resmi menggantikan Donovan, yang sudah bertugas sejak November 2016.

Baca juga : Ucapan Belasungkawa Dubes AS Untuk Sutopo

Dalam daftar kariernya, Sung pernah bertugas di Korea Selatan, Jepang dan Malaysia. Dia juga memimpin delegasi AS membicarakan program nuklir Korea Utara.

Pada 70 tahun hubungan bilateral AS-Indonesia, keduanya sepakat memperdalam kerja sama kontraterorisme, keamanan maritim dan menanggulangi pengaruh China di kawasan.

Baca juga : Membanggakan, Startup Lokal Kuasai Indonesia

Sejauh ini, Indonesia menjaga hubungan baik dengan AS dan China. Apalagi China adalah rekan perdagangan terbesar Indonesja sekaligus salah satu investor terbesarnya. Pada 2017, angka perdagangan bilateral China-Indonesia mencapai 58,85 miliar dolar AS. Jauh lebih besar dibanding dengan AS yang hanya berada di angka 27 miliar dolar AS.

AS juga berupaya menormalisasi hubungan dengan pasukan militer khusus Indonesja, yang sebelumnya mendapat pembatasan gerak oleh AS karena tuduhan pelanggaran kemanusiaan pada 1990an. Dalam pertemuan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu dengan Plt Menhan AS Patrick Shanahan, kedua negara sepakat merencanakan latihan militer bersama pada 2020. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.