Dark/Light Mode

Ucapan Belasungkawa Dubes AS Untuk Sutopo

Jumat, 12 Juli 2019 13:15 WIB
Ucapan Belasungkawa Dubes AS Untuk Sutopo

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia di Guangzhou, China, (Minggu, 7/7). Ucapan duka pun mengalir.

Tidak hanya masyarakat Indonesia yang berduka. Namun juga perwakilan negara sahabat. Seperti Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan.

Dalam siaran resmi yang diterima RMCO.id, hari ini, Dubes Donovan mengungkapan belasungkawa atas meninggalnya Pak Topo, demikian dia disapa.

Baca juga : KPK-Mabes Polri Kompak Ucap Bela Sungkawa Atas Wafatnya Sutopo BNPB

"Atas nama Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk keluarga Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia. Komitmen serta sikap tenangnya Sutopo dalam menghadapi bencana alam dan upayanya yang konsisten untuk mengkomunikasikan informasi faktual dalam masa krisis menjadi contoh pelayanan publik yang sesungguhnya," kata Donovan.

"Meninggalnya beliau merupakan suatu kehilangan besar bagi rakyat Indonesia."

Sutopo dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolau, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah, 8 Juli.

Baca juga : Pras: Jakarta, Kota Untuk Semua

Laki-laki kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969, ini pertama kali divonis mengidap kanker stadium 4 pada 17 Januari 2018 oleh seorang dokter ahli paru-paru. Semua berawal dari rasa nyeri di pinggang bagian kiri dan batuk yang tak kunjung sembuh, bahkan setelah diperiksa dokter.

Ia sempat berpikir ada masalah dengan jantungnya. Saat diperiksa dokter, tidak ditemukan masalah. Jantung Sutopo sehat.

Lalu, bapak dua putra ini teringat dengan seorang teman yang mengidap kanker paru, padahal ia seseorang yang memiliki pola hidup sehat. Dari sana, ia datang ke dokter ahli di bidang paru-paru di Rumah Sakit Mitra Keluarga. Ketika itulah, ia mengetahui sel kanker ternyata sudah bersarang di tubuhnya sejak lama. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.