Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Global, Dubes Zainal Abidin Siap Mantapkan Hubungan Indonesia-Malaysia

Kamis, 30 Mei 2019 06:41 WIB
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar, saat memberi sambutan dalam acara Majelis Iftar dan Silaturahmi di Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, Rabu (29/5). (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar, saat memberi sambutan dalam acara Majelis Iftar dan Silaturahmi di Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, Rabu (29/5). (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar menegaskan, pihaknya akan selalu berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan kualitas hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia. Tak hanya melanjutkan legasi para pendahulunya, Zainal juga siap mengokohkan hubungan kedua negara agar siap menghadapi tantangan global masa kini.

Hal ini disampaikan Zainal, dalam acara Majelis Iftar dan Silaturahmi di Dewan Serbaguna Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, Rabu (29/5).

Baca juga : Petani Eropa Cemburu Dengan CPO Indonesia

"Hubungan Malaysia dan Indonesia, saya ibaratkan sungguh romantis. Ada pasang, ada surutnya. Ada suka, ada dukanya. Ada tawa, ada tangisnya. Mengutip kata-kata Buya Hamka, “tidak ada kusut yang tidak selesai, tidak ada keruh yang tidak jernih.” Selain itu, kita juga harus mampu memperkuat faktor kesamaan sejarah dan kultural yang selama ini menjadi kekuatan kedua negara," tutur mantan Duta Besar Spanyol, yang baru tiba di Jakarta tiga hari lalu. 

Zainal menekankan, hubungan Indonesia dan Malaysia harus didasari dengan rasa saling percaya. Bukannya saling curiga. "Indonesia dan Malaysia saling  memerlukan, saling melengkapi, dan saling membantu antara satu sama lain. Sekiranya ada di antara kita yang jatuh sakit, pasti yang lain akan turut merasakan kesakitannya," tandas Zainal.

Baca juga : Ini Tantangan 2 Capres Di Bidang Keamanan Internasional

"Kita pasti tidak akan dapat mewujudkan satu negara yang hebat di atas penderitaan tetangga kita.  Maka, mari kita sama-sama bekerja untuk mewujudkan hubungan spesial  ini. Hubungan yang membangun kepercayaan bukan kecurigaan. Dua negara yang menjadi tiang atau pilar, yang mengayomi stabilitas, keamanan  dan kemakmuran wilayah ASEAN," imbuhnya. 

Zainal Abidin Bakar telah berkhidmat di Kementerian Luar Negeri Malaysia selama 31 tahun. Sebelum dilantik oleh Kerajaan Malaysia sebagai Duta Besar Malaysia ke Republik Indonesia, Zainal tercatat sebagai Duta Besar Malaysia untuk Spanyol (2017-2019) dan Duta Besar Malaysia untuk Republik Ceko (2009-2013). 

Baca juga : Sinergi Kebijakan Mantapkan Prospek Ekonomi Indonesia

Ayah tiga anak ini juga pernah bertugas di Belgia Vietnam, dan Jepang. Di Kantor Pusat Kementerian Luar Negeri Malaysia, Zainal juga pernah menjabat Direktur OKI dan Kerja Sama Regional (2013-2017), Wakil Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (2013) dan Direktur Asia Timur (2007-2009). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.