Dark/Light Mode

Dubes Spanyol Untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda

Kagumi Keindahan Dan Kemajuan NTT

Jumat, 15 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Francisco Aguilera Aranda (kiri) ngobrol santai bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, di Kupang, Rabu, 13 Juli 2022. (Dok Kedubes Spanyol)
Dubes Francisco Aguilera Aranda (kiri) ngobrol santai bersama Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, di Kupang, Rabu, 13 Juli 2022. (Dok Kedubes Spanyol)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia, Francisco Aguilera Aranda memuji keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) serta pesatnya pembangunan di daerah tersebut. Dubes Aranda melontarkan pujian itu, saat bertemu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di kantor Gubernur, di Kupang, NTT, Rabu (13/7).

“Saya senang mendengar perkembangan kemajuan pembangunan di NTT. Program pembangunan yang dilaksanakan sangat berguna untuk menyejahterakan masyarakat,” puji Dubes Aranda dikutip laman Facebook Kedubes Spanyol, Kamis (14/7).

Aranda pun menyatakan kesiapan Pemerintah Spanyol untuk menjalin kerja sama di banyak bidang untuk memajukan NTT. Pertemuan selama 45 menit itu berlangsung akrab dan hangat.

Baca juga : Indonesia Dan Perancis Perkuat Kerja Sama Pertahanan

Pada kesempatan itu, Gubernur Viktor memberikan kenangkenangan, berupa kalungan kain tenun ikat motif Sumba Timur kepada Dubes Aranda, sebagai simbol penerimaan penuh kasih atas kehadiran sang Dubes di wilayahnya.

“Terima kasih Bapak Gubernur NTT, saya merasa sangat terhormat mendapatkan kain tenun ini. Saya yakin ini merupakan pemberian penuh makna, simbol persaudaraan yang akan terus terjalin antara saya dengan Bapak sebagai pemimpin dan seluruh masyarakat NTT,” ujar Aranda, tersenyum lebar.

Tidak hanya itu, Dubes Aranda juga dihadiahi minuman khas NTT, yaitu Sophia atau Sopi Asli. Minuman ini merupakan salah satu minuman keras (miras) tradisional NTT. Sophia berasal dari bahasa Belanda, Zoopje, yang berarti alkohol cair. Proses pengolahannya dilakukan secara tradisional, melalui penyadapan pohon enau (pohon lontar).

Baca juga : Doakan Indonesia Sukses Gelar KTT G20

Di akhir pertemuan, Gubernur Viktor menyampaikan harapannya, agar Pemerintah Spanyol dapat berinvestasi di NTT. Salah satu daerah di kawasan timur Indonesia itu memiliki potensi sumber daya alam luar biasa, yang dapat dikelola dan dikembangkan.

Dia menambahkan, berbagai potensi sumber daya alam, wisata budaya, dan wisata religi yang dimiliki Provinsi NTT. Antara lain, pulau terindah di dunia, yaitu Pulau Sumba, Pulau Flores, Lembata, Alor dan Rote Ndao dengan potensi perikanan yang sangat baik dan akan terus dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap Pemerintah Spanyol membantu NTT, agar pembangunan di daerah ini semakin pesat. Banyak potensi sumber daya alam yang bisa dikelola di NTT,” pungkasnya. â–  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.