Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi

Perkuat Kerja Sama Kebencanaan Jakarta-Tokyo

Sabtu, 11 Juni 2022 07:35 WIB
Dubes RI Heri Akhmadi (tengah) bersama Wali Kota Kesennuma, Shigeru Sugawara (kiri) dan Dubes Kenji Kanasugi saat mengunjungi Balai Anak Persahabatan Yudhoyono, di Kesennuma, Jepang, Kamis, 9 Juni 2022. (Foto KBRI Tokyo)
Dubes RI Heri Akhmadi (tengah) bersama Wali Kota Kesennuma, Shigeru Sugawara (kiri) dan Dubes Kenji Kanasugi saat mengunjungi Balai Anak Persahabatan Yudhoyono, di Kesennuma, Jepang, Kamis, 9 Juni 2022. (Foto KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi mengunjungi Kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, Kamis (9/6).

Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi, ikut mendampingi dalam kunjungan tersebut. Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Jepang, dalam bidang penanganan kebencanaan.

“Kunjungan saya bersama Duta Besar Kenji Kanasugi ini untuk lebih merekatkan solidaritas dan memperkuat kerja sama kebencanaan,” ujar Dubes Heri saat berkunjung ke Balai Anak Persahabatan Yudhoyono yang berdiri sejak 2018 di Perpustakaan Kota Kesennuma.

Heri mengingatkan, langkah yang dilakukannya ini sudah diterapkan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, sehingga dianugerahi penghargaan tertinggi Kaisar Jepang, Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Baca juga : Pesan 500 Tiket Dukung Timnas Di Piala Asia

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi langsung dari Kaisar atas peran Bapak Jusuf Kalla dalam meningkatkan persahabatan Indonesia Jepang. Termasuk menggalang solidaritas dunia, atas gempa disertai tsunami di Jepang pada 2011,” katanya, dikutip dari keterangan resmi KBRI Tokyo, kemarin.

Sementara Dubes Kenji Kanasugi dalam kesempatan itu menggarisbawahi pentingnya kerja sama penanganan bencana antara kedua negara.

“Alangkah baiknya bencana alam itu tidak terjadi. Tapi bila benar-benar terjadi, proses meminimalkan dampak dan proses pemulihan perlu dijalankan. Untuk itu, Jepang dan Indonesia akan terus bekerja sama,” jelas Dubes Kanasugi.

Balai Anak Persahabatan Yudhoyono, menurutnya, sebagai salah satu simbol untuk kerja sama menuju masa depan. Kesennuma, Prefektur Miyagi, adalah salah satu daerah yang terkena dampak langsung gelombang tsunami pada 11 Maret 2011.

Baca juga : Kunjungi Kanada, Kadin Tingkatkan Kerja Sama Investasi

Gempa berkekuatan 9 magnitudo itu menyebabkan gelombang tsunami lebih dari 10 meter dan meratakan sejumlah prefektur seperti Miyagi, Fukushima, dan Iwate. Namun Kesennuma juga merupakan daerah yang cepat pulih, setelah terkena tsunami yang menyebabkan korban jiwa sekitar 18 ribu orang dan kerusakan parah.

Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono saat itu mengunjungi kota Kesennuma dan menyumbangkan donasi dari Pemerintah Indonesia sebesar 2 juta dolar AS (Rp 29 triliun), sebagai dana rekonstruksi.

Pemerintah Kota Kesennuma kemudian membangun Balai Anak Persahabatan Yudhoyono, sebagai bentuk apresiasi.

Didampingi Atase Perhubungan KBRI Tokyo Syamsu Rizal, Dubes Heri selain berkunjung ke Balai Anak Persahabatan Yudhoyono bersama Dubes Kenji, juga bertemu Wali Kota Kesennuma Shigeru Sugawara, untuk membahas persiapan penyelenggaraan Minato Festival, 6-7 Agustus mendatang.

Baca juga : Indonesia Perkuat Kerja Sama Air Dengan Belanda

Dubes Heri dan Dubes Kanasugi juga melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pengusaha Perikanan Kesennuma. Pertemuan ini membahas penguatan kerja sama di bidang pemberdayaan Anak Buah Kapal (ABK). Dalam hal ini pendirian sekolah vokasi, khususnya penyiapan kemampuan Bahasa Jepang bagi para ABK.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.