Dark/Light Mode

Dubes Jepang Kenji Kanasugi Happy Kunjungi Bumi Cenderawasih

Rabu, 20 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Kenji Kanasugi berpose di salah satu patung Cenderawasih setibanya di Jayapura, Papua, Senin, 18 Juli 2022. (Foto Instagram Dubes Kenji Kanasugi)
Dubes Kenji Kanasugi berpose di salah satu patung Cenderawasih setibanya di Jayapura, Papua, Senin, 18 Juli 2022. (Foto Instagram Dubes Kenji Kanasugi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi melakukan kunjungan ke Jayapura, Papua, Senin (18/7). Ini merupakan kunjungan perdananya ke Bumi Cenderawasih. Dubes Kanasugi menyampaikan kegembiraannya mengenai kunjungan tersebut di akun Instagram-nya.

“Selamat pagi. Mulai hari ini saya melakukan kunjungan resmi ke Provinsi Papua. Walau waktunya terbatas, saya akan mengunjungi beberapa tempat untuk mengenal Papua lebih dekat,” tulis sang Dubes yang hobi berbatik ini di postingannya Senin siang (18/7).

Baca juga : Anies Manjain Orang Miskin

Di awal kunjungannya, Dubes Kanasugi dan rombongan disambut Panglima Kodam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, di Makodam Cenderawasih. Pada kesempatan itu, Dubes Kanasugi mengucapkan rasa dukanya atas kejadian penyerangan di Kabupaten Nduga pada 16 Juli lalu.

“Saya berharap tidak ada ada lagi TNI yang menjadi korban dalam melaksanakan tugasnya di Papua,” harapnya.

Baca juga : Bamsoet: Pemekaran Papua Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bumi Cendrawasih

Sebagai informasi, kunjungan Kanasugi ke Papua adalah untuk mempererat hubungan baik dengan Pemerintah Daerah Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan ini, Kanasugi meluncurkan proyek kemitraan dengan lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) untuk pembelajaran dan tumbuh kembang anak serta layanan pemulihan efek Covid-19 bagi anak-anak usia dini, di Indonesia bagian timur, Senin (18/7).

Baca juga : Samurai Biru Siap Bersinar

Bantuan itu untuk wilayah Provinsi Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Selatan. Melalui pendanaan Pemerintah Jepang sebesar 3,6 juta dolar AS (Rp 54 miliar), UNICEF akan melaksanakan program pendidikan dan pengembangan anak usia dini serta pemulihan dari Covid-19.

Program ini akan memberikan layanan-layanan penting bagi anak-anak usia 5-8 tahun di 200 pusat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 100 sekolah dasar (SD) di tiga provinsi tersebut. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.