Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

4 Bulan Jelang Lengser

Anies Manjain Orang Miskin

Selasa, 5 Juli 2022 06:30 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : Instagram @aniesbaswedan).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto : Instagram @aniesbaswedan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta tinggal 4 bulan lagi. Oktober nanti, Anies bakal lengser. Sisa waktu yang tinggal sedikit ini Anies gunakan untuk manjian orang miskin ibu kota. Buktinya, Anies nyawer untuk subsidi pangan hingga Rp 1 triliun.

Anies menerangkan, anggaran sebesar itu memang diplot untuk warga miskin kota tahun ini. Ia meyakini, duit sebanyak itu cukup untuk mengurangi beban naiknya harga-harga kebutuhan pokok saat ini.

"Alokasi cukup untuk subsidi pangan. Jumlah sekitar Rp 1 triliun untuk subsidi pangan di Jakarta," ungkap Anies, di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Gibran Muridnya Prabowo

Dalam hitungan Anies, anggaran itu cukup untuk membantu 1 juta warga Jakarta dengan tingkat kesejahteraan rendah. Dana tersebut akan digunakan untuk mensubsidi telur, daging ayam, daging sapi, ikan, dan susu.

Anies berharap, bantuan tersebut bisa mencukupi nutrisi anak-anak dari keluarga pra-sejahtera. Bantuan ini, sebutnya, adalah bagian upaya negara hadir di tengah masyarakat miskin. "Negara hadir memberikan bantuan-bantuan pangan kepada mereka," tuturnya.

Anies melanjutkan, 95 persen bahan pangan akan dipasok dari luar DKI Jakarta. Itu artinya, manfaat duit Rp 1 triliun itu tidak hanya dinikmati warga DKI, tapi juga berimplikasi nasional. Hitungannya, jika pasokan pangan terjaga, inflasi pangan akan lebih terkendali.

Baca juga : KPK Buka Peluang Jerat Anak Mantan Pejabat Pajak Wawan Ridwan

"Bila inflasi Jakarta terjaga, inflasi nasional terjaga. Jadi, berapa pasokan ini punya dampak strategis di level nasional," lanjutnya.

Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah memuji langkah Anies ini. Dia menilai, alokasi Rp 1 triliun untuk subsidi pangan adalah program yang bagus.

"Saya kira tepat, bahkan kalau perlu lebih dari itu. Karena Jakarta mengalami kemiskinan ekstrim. Sudah seharusnya DKI punya tim untuk mengendalikan harga," kata Trubus, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.