Dark/Light Mode

Presiden Baru Sri Lanka Dilantik Hari Ini, Siaran TV Terputus Tepat Sebelum Pengambilan Sumpah

Kamis, 21 Juli 2022 15:05 WIB
Presiden baru Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe (Foto: Instagram)
Presiden baru Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri 6 kali Ranil Wickremesinghe (73) akhirnya dilantik menjadi Presiden Sri Lanka, Kamis (21/7).

Wickremesinghe yang berhasil meraup 134 suara dari total 225, mengambil sumpah jabatannya di hadapan Ketua Hakim Jayantha Jayasuriya di Kompleks Parlemen yang dijaga ketat.

Kepala Polisi dan petinggi militer Sri Lanka berdiri di belakang Wickremesinghe, saat pengambilan sumpah di hadapan Ketua Parlemen Mahinda Abeywardana.

Baca juga : KSP: Presiden Penuhi Janji Bantu Perbaikan Rumah Terdampak Gempa di Sulbar

Upacara singkat itu disiarkan langsung di televisi lokal. Tapi entah kenapa, terputus tepat sebelum pengambilan sumpah berlangsung. Konon kabarnya, kejadian tersebut langsung diusut tuntas.

Presiden baru Sri Lanka, diprediksi membentuk kabinet yang terdiri dari 30 menteri. Demi menyelamatkan negara dari krisis ekonomi terburuk, sejak memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

Sri Lanka kini mengalami pemadaman listrik yang berkepanjangan. 22 juta penduduk negara itu mengalami kekurangan bahan bakar, makanan, dan obat-obatan selama berbulan-bulan.

Baca juga : Sero Survei Ketiga Dijalankan Mulai Hari Ini, Mudah-mudahan Sebulan Kelar

Kemarahan publik atas situasi sulit itu memuncak ketika puluhan ribu pengunjuk rasa menyerbu Istana Presiden yang saat itu ditempati Gotabaya Rajapaksa.

Rajapaksa yang kabur ke Maladewa pada 13 Juli lalu, mengirim surat pengunduran dirinya dalam bentuk email dari Negeri Merlion, sehari setelahnya.

Dalam situasi ini, Wickremesinghe naik jabatan jadi Plt Presiden. Hingga akhirnya, pria kelahiran 24 Maret 1949 itu berhasil memenangkan 134 suara dari total 225 anggota parlemen, dalam penghitungan suara kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.