Dark/Light Mode

Kunjungi PM Kishida Di Tokyo, Jokowi Sampaikan Ucapan Duka Cita Atas Wafatnya Shinzo Abe

Rabu, 27 Juli 2022 11:52 WIB
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Jepang Fumio Kishida, dalam kunjungannya ke Tokyo, Rabu (27/7). (Foto: Kyodo)
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan PM Jepang Fumio Kishida, dalam kunjungannya ke Tokyo, Rabu (27/7). (Foto: Kyodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe, dalam pertemuannya dengan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Rabu (27/7) siang.

 “Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya,” ungkap Presiden Jokowi kepada PM Kishida, seperti dikutip Kyodo, Rabu (27/7).

PM Kishida pun menerima ucapan tersebut dengan khidmat. Dia menyatakan siap melanjutkan kebijakan Abe, selama menjabat sebagai PM Jepang.

Baca juga : Dukung Pariwisata Labuan Bajo, Jokowi Resmikan SPAM Wae Mese II

"Saya juga berusaha untuk lebih memperkuat hubungan antara Jepang dan Indonesia, di masa kini dan yang akan datang," papar Kishida.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara juga membahas seputar kerja sama bilateral dan rencana pertemuan dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Desember mendatang.

"Kami ingin mempromosikan kerja sama dengan negara Indonesia, menuju perkembangan baru FOIP atau Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka, berdasarkan ASEAN Outlook AOIP di Indo-Pasifik," terang PM Kishida.

Baca juga : Kedubes Jepang Persilakan Warga RI Isi Buku Ucapan Duka Cita, Atas Wafatnya Shinzo Abe

Pertemuan itu mencapai kata sepakat dalam kerja sama di berbagai bidang, termasuk energi dan keamanan maritim.

Reuters menyebut, Jepang setuju memberikan pinjaman sebesar 43,6 miliar yen atau sekitar Rp 4,8 triliun kepada Indonesia.

Dana tersebut akan digunakan untuk proyek infrastruktur dan pencegahan bencana.

Baca juga : Menlu G20 Sampaikan Simpati Mendalam Atas Kejadian Penembakan Shinzo Abe

Usai bertemu Kishida, Jokowi yang sebelumnya mengunjungi Presiden China Xi Jinping, dijadwalkan bertemu dengan Kaisar Jepang dan Permaisuri di rumah kediaman resmi Istana Kekaisaran Jepang sore ini.

Dalam kunjungan ke Jepang, Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.