Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes Australia Penny Williams Senang, Australian Volunteers Aktif Lagi Di Tanah Air

Kamis, 4 Agustus 2022 07:05 WIB
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams. (Foto Dok Kedubes Australia Jakarta)
Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams. (Foto Dok Kedubes Australia Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Australian Volunteers kembali terlaksana di Indonesia, setelah sempat beralih ke kegiatan jarak jauh selama pandemi Covid-19.

“Saya senang melihat sukarelawan Australia memiliki keinginan bertukar pengetahuan dan keterampilan dengan organisasi, masyarakat dan komunitas lokal di Indonesia,” ujar Duta Besar Atustralia untuk Indonesia Penny Williams dalam keterangan tertulis Kedubes Australia, Selasa (2/8).

Berita Terkait : Dubes Australia Untuk Penanggulangan Terorisme Kunjungi Indonesia

“Program Australian Volunteers adalah bagian penting dari program kerja sama pembangunan Pemerintah Australia yang telah berjalan lama,” sambung Dubes Williams.

Program Australian Volunteers sudah berlangsung sejak 1951. Dalam program ini, sukarelawan Australia di Indonesia melakukan sejumlah kegiatan, bekerja sama dengan berbagai organisasi Indonesia baik di sektor swasta maupun publik.

Berita Terkait : AFL Jadi Perekat Jakarta-Canberra

Waktu penugasan untuk para sukarelawan ini berkisar beberapa bulan hingga dua tahun. Sukarelawan Australia yang datang ke Indonesia umumnya berasal dari berbagai kelompok usia dan latar belakang profesional, untuk bekerja di berbagai bidang mulai dari kesehatan, pendidikan, lingkungan, olahraga, seni dan proyek masyarakat.

Sebelum pandemi, pada 2018-2019, terdapat 155 program penugasan Australian Volunteers di Indonesia. Para sukarelawan bekerja sama dengan organisasi mitra di seluruh nusantara. Di antaranya di Bali, Kalimantan Tengah, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Lombok, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan hingga Nusa Tenggara Timur. ■