Dark/Light Mode

Survei Populi Center, Elektabilitas Sandiaga Teratas Jadi Cawapres

Minggu, 24 April 2022 16:58 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Populi Center merilis survei bertajuk Peta Politik Menjelang Pemilu Serentak hari ini, Minggu (24/4). Salah satunya, soal elektabilitas cawapres di Pilpres 2024. Dalam survei tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno menempati peringkat teratas cawapres dengan elektabilitas 16,6 persen.

Angka ini diperoleh dari pertanyaan terbuka, "jika pemilihan presiden diadakan hari ini, siapakah tokoh yang akan Anda pilih sebagai wakil presiden?".

Baca juga : Pelanggaran Netralitas ASN Jadi Catatan Bawaslu Malut

Di bawah Anies, menempel Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 8,6 persen, disusul Menteri BUMN Erick Thohir di peringkat ketiga dengan 5,8 persen.

Berikutnya ada Ridwan Kamil dengan 5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,8 persen, Prabowo Subianto 3,7 persen Basuki Tjahaja Purnama 3,6 persen, Tri Rismaharini 2,9 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen, dan lainnya di bawah 2 persen.

Baca juga : Gibran Ungguli Elektabilitas Pilkada Jateng

"Ini menarik karena Sandiaga sosok yang sudah pernah kontestasi di 2019. Citra Wapres sudah terbentuk. Menarik juga ada Anies, Erick dan Ridwan Kamil," ujar Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam rilis survei yang digelar secara daring, Minggu (24/4).

Meski begitu, Rafif menyebut nama Sandi tak begitu dipertimbangkan untuk posisi tersebut. Sebab, Sandi diketahui bakal berjuang untuk menjadi capres.

Baca juga : Survei PWS, Elektabilitas Prabowo Semakin Tak Terkejar

"Jadi kalau dilihat posisinya yang perlu diperhatikan Ridwan Kamil dan Erick karena Sandiaga dan Anies bisa jadi incar R1, juga AHY dan Prabowo," terangnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.