Dark/Light Mode

Dua Penerima Penghargaan Elizabeth O Neill Jelajahi Negara Tetangganya

Selasa, 16 Juli 2019 22:29 WIB
Andini Effendi (kiri) dan Sinead Mangan memamerkan piagam penghargaan Elizabeth O Neill di acara makan malam di kediaman Dubes Gary Quinlan, Jakarta, Selasa (16/7). (Foto: Diananda Rahmasari/Rakyat Merdeka)
Andini Effendi (kiri) dan Sinead Mangan memamerkan piagam penghargaan Elizabeth O Neill di acara makan malam di kediaman Dubes Gary Quinlan, Jakarta, Selasa (16/7). (Foto: Diananda Rahmasari/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Executive Producer ABC Australia Sinead Mangan dan Presenter Metro TV Andini Effendi masing-masing menghabiskan dua pekan di negara tetangga mereka, untuk mendalami budaya dan masyarakatnya. Mangan mendalami keunikan Indonesia, sementara Andini menjelajah Australia.

Keduanya adalah penerima penghargaan Elizabeth O'Neill tahun 2019. Sebagai hadiah, keduanya berkesempatan mengenal lebih dekat budaya dan polah masyarakat negara tetangga mereka.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi kami kepada insan jurnalis, yang tekun menjiwai tugas mereka. Kami berharap, pengalaman mereka selama dua pekan ke negara tetangga, membuka cakrawala mereka lebih luas lagi," ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan, dalam acara makan malam bersama penerima penghargaan Elizabeth O'Neill di kediamannya di Menteng, Jakarta, Selasa (16/7) malam.

Baca juga : Berikan Penghargaan Paritrana, JK Sindir Dua BPJS Nasibnya Jomplang

Dubes Quinlan menambahkan sembari berkelakar, kalau dia berharap kedua jurnalis ini pulang membawa tulisan dan hasil perjalanan yang bagus. "Bercanda," ujarnya. "Kami harap, keduanya bisa melihat kebudayaan dan menjadi jembatan penghubung Australia dengan Indonesia. Semoga, keduanya memberikan hal baru kepada orang banyak," imbuh sang tuan rumah.

Sebelumnya, pada Maret lalu, Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne telah mengumumkan Mangan dan Andini sebagai pemenang penghargaan Elizabeth O'Neill. Payne mengatakan, keduanya akan memperdalam pengetahuan mereka mengenai isu-isu kontemporer di masing-masing negara.

Penghargaan Jurnalisme Elizabeth O'Neill dibuat untuk mengenang karier gemilang sang jurnalis yang gugur di Indonesia, dalam tugas Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia pada 7 Maret 2007.

Baca juga : Sumsel dan Kalsel Contoh Baik Pengembangan Rawa jadi Lahan Pertanian

Payne mengatakan, penghargaan ini diberikan untuk melanjutkan warisan Elizabeth. "Yang bersemangat membina saling pengertian yang lebih baik antara warga Australia dan Indonesia, melalui peliputan media yang penuh pemahaman," terangnya.

Penghargaan Elizabeth O'Neill ini terbuka bagi jurnalis berprestasi dari media cetak, radio, televisi, dan online di seluruh Indonesia dan Australia.

Penghargaan Elizabeth O’Neill adalah inisiatif dari Australia-Indonesia Institute. Penghargaan ini bertujuan membina hubungan antara Australia dan Indonesia dengan meningkatkan kesadaran budaya, kerja sama, dan pertukaran antara kedua negara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.