Dark/Light Mode

Mengenal Calon Pengganti Wanita Besi Jerman

Kamis, 18 Juli 2019 03:48 WIB
Annegret Kramp-Karrenbauer (Foto EPA)
Annegret Kramp-Karrenbauer (Foto EPA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemimpin yang baik itu harus menyiapkan pemimpin penggantinya sehingga terjadi alih kepemimpinan yang baik. Itulah juga yang dilakukan wanita besi Jerman, Kanselir Angela Merkel. Dia telah menyiapkan anak didiknya Annegret Kramp-Karrenbauer (56).

Kemarin, perempuan yang dikenal dengan AKK didaulat bergabung di kabinet sebagai menteri pertahanan (Bundeswehr). Langkah yang disebut-sebut akan memuluskan, sekaligus bisa menggagalkannya menggantikan sang mentor pada 2021.

Baca juga : Berkinerja Baik, TGB Raih Penghargaan Dari Presiden

Promosi Ursula von der Leyen untuk presiden Komisi Eropa mengosongkan pos pertahanan. AKK ingin membangun pengalaman dari posisi itu. Keputusannya mendapat restu dari Merkel (65). Tujuan Merkel, untuk mengatur langkah keluar secara bertahap dari politik dan menyerahkan kekuasaan kepada Kramp-Karrenbauer, penggantinya sebagai ketua Demokrat Kristen (CDU) sejak Desember lalu.

Sebagai pemegang komando Bundeswehr, tugas politik yang utama AKK adalah melanjutkan dan menuntaskan modernisasi perlengkapan militer, yang terbengkalai karena pemotongan anggaran. Selain itu, mencuatnya skandal ekstremisme kanan Nazi di tubuh tentara Jerman pada 2017. Dan juga, Bundeswehr sekarang tidak cukup atraktif lagi bagi kaum muda, sehingga sering kesulitan mencari personal baru. 

Baca juga : Khan Ngantri Lawan Pacman

Jabatan Kementerian Pertahanan yang sering dipandang rumit. Tapi jika dia sukses di sini, jabatan itu bisa menjadi lompatan besar bagi AKK untuk menjadi lebih populer di kalangan pemilih. Begitu pun sebaliknya.

AKK punya pengalaman politik yang panjang. Terakhir menjabat sebagai Perdana Menteri negara bagian Saarland. Sebelumnya dia sudah memimpin beberapa kementerian di Saarland. Dia kemudian berkarier di Berlin dan Februari 2018 diangkat menjadi Sekjen Partai CDU. Akhir 2018, Angela Merkel sendiri yang mengusulkan AKK sebagai penggantinya menjadi Ketua Umum CDU.

Baca juga : Ada Cukai Plastik, Investasi Jalan Terus

Sekalipun kariernya melejit di panggung nasional, AKK masih sering kembali ke rumahnya di Saarland. Ibu tiga orang anak yang sekarang sudah dewasa ini tetap hidup bersahaja di kampung halamannya. Di Saarland orang sering berpapasan dengan dia di atas sepeda motornya. Dia juga sering ditemui di antara penonton pertandingan sepakbola tingkat lokal.

AKK menikah dengan suaminya Helmut 35 tahun lalu. Seorang insinyur pertambangan yang memutuskan untuk meninggalkan kariernya dan menjadi ayah rumah tangga untuk mengasuh anak-anak mereka. Semua mata kini menyoroti pemilu yang akan datang, ketika Kanselir Angela Merkel akan meletakkan jabatannya dan mundur sepenuhnya dari panggung politik. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.