Dark/Light Mode

Tak Digaji 3 Bulan

4 ABK WNI Di Somalia Akhirnya Bisa Pulkam

Senin, 29 Agustus 2022 06:30 WIB
Dubes RI Mohamad Hery Saripudin. (Foto Ist)
Dubes RI Mohamad Hery Saripudin. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi, Kenya, memulangkan empat anak buah kapal (ABK) asal Indonesia pada Sabtu, (27/8).

Keempat ABK tersebut selama tiga bulan terakhir menghadapi masalah dengan kapal Dox Dili di Somaliland, Somalia. Sebelumnya, satu ABK bernama Mucholidin, asal Jawa Tengah, telah dipulangkan pada 25 Agustus 2022.

Baca juga : Imigrasi Ngurah Rai Bantah Ada Antrean WNA Di Bandara hingga 5 Jam

Permasalahan yang menimpa para ABK bermula dari tuntutan Darso, Ihwanli, dan Mukolidin yang telah bekerja di kapal Dox Dili sejak Maret 2022. Mereka mengaku tiga bulan tidak digaji. Lalu, Hartono dan Davis yang baru bergabung pada Mei, juga menuntut pihak kapal untuk segera membayar mereka.

Sebelum tercapainya kesepakatan, pada 12 Juni 2022, kelimanya meninggalkan kapal dan kemudian menginap di hotel. Kelimanya mengaku mendapat janji dari agen pengirim mereka di Indonesia, akan bertanggung jawab memulangkan mereka ke Indonesia.

Baca juga : Jemaah Haji Yang Wafat Didominasi Penyakit Jantung

Namun, pihak kapal Dox Dili menolak memulangkan para ABK. Pasalnya, mereka telah mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan para ABK dari Indonesia. Pihak kapal meminta para ABK kembali bekerja dengan janji gaji akan dibayarkan.

Tapi, para ABK bersikukuh tidak mau kembali bekerja. Setelah lewat satu bulan tanpa kesepakatan, pihak kapal akhirnya mengizinkan para ABK pulang ke Indonesia. Dengan syarat, membeli tiket sendiri dan membayar hotel yang mereka tempati sejak awal Juni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.