Dark/Light Mode

Presiden Hongaria Datang

Gorbachev Dimakamkan Hari Ini, Putin Tak Hadir Karena Sibuk Kerja

Sabtu, 3 September 2022 22:08 WIB
Presiden Hongaria Datang Gorbachev Dimakamkan Hari Ini, Putin Tak Hadir Karena Sibuk Kerja

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Rusia memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Pemimpin Uni Soviet Mikhail Sergeyevich Gorbachev, dalam sebuah upacara yang digelar di Hall of Columns yang bersejarah di Moskow, Sabtu (3/9).

Acara tersebut nyaris tanpa keriuhan. Presiden Vladimir Putin absen. Alasannya, sibuk kerja.

Ratusan pelayat berbaris melewati peti mati Gorbachev yang dibiarkan terbuka. Di belakang peti yang diapit penjaga kehormatan, bendera Rusia tampak berdiri tegak.

Aula tersebut telah lama digunakan untuk upacara pemakaman pejabat tinggi di Rusia. Di tempat itulah, jenazah Joseph Stalin pertama kali disemayamkan selama empat hari berkabung nasional, setelah kematiannya pada tahun 1953.

Gorbachev meninggal dunia dalam usia 91 tahun, pada Selasa (29/8). Setelah lama mengalami penyakit serius.

Baca juga : Polres Tangerang Gerebek Markas Judi Online di Wallstreet

Gorbachev yang berkuasa antara 1985-1991, berusaha mengubah Uni Soviet dengan reformasi demokratis. Namun, upaya itu berujung pada kehancurannya.

Pria kelahiran 2 Maret 1931 itu adalah salah satu tokoh politik besar abad ke-20, yang dianggap penting di Barat karena membantu mengakhiri Perang Dingin dan mencoba mengubah Uni Soviet.

Namun, peraih Nobel Perdamaian 1990 itu banyak dibenci.orang di Rusia, menyusul kekacauan ekonomi di Negeri Beruang Merah, dan hilangnya pengaruh global yang mengikuti Uni Soviet.

Dalam beberapa dekade terakhir, Gorbachev tak terdengar kiprah dan aktivitasnya. AFP menyebut, kematiannya pada pekan ini hampir tidak diakui kalangan resmi di Rusia.

Kamis (1/9) lalu, Stasiun TV Pemerintah Rusia menyiarkan gambar Putin meletakkan buket mawar merah di dekat peti mati terbuka Gorbachev, di rumah sakit tempat dia meninggal. Putin tampak sendirian.

Baca juga : Gus Jazil: Rute Kami Jelas, Tak Ada Nama Selain Cak Imin Dan Prabowo

Namun, Kremlin memastikan, Putin tidak akan menghadiri pemakaman Gorbachev pada Sabtu (3/9) karena jadwal kerjanya yang padat.

Dalam upacara kematian Gorbachev, putrinya yang bernama Irina Virganskaya, duduk di samping peti mati bersama anggota keluarga lainnya.

Gorbachev akan dikebumikan di pemakaman bergengsi Novodevichy, Moskow, Sabtu (3/9). Bersebelahan dengan makam istrinya Raisa, yang meninggal karena penyakit kanker pada 1999.

Presiden Hongaria Hadir

Dengan kondisi Rusia yang terisolasi akibat kampanye militernya di Ukraina, satu-satunya pejabat senior asing yang mengumumkan akan hadir adalah Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban.

Baca juga : Presiden Baru Sri Lanka Dilantik Hari Ini, Siaran TV Terputus Tepat Sebelum Pengambilan Sumpah

Sebelum pecah konflik dengan Ukraina, Orban adalah salah satu orang yang paling dekat dengan Putin, dibansing Pemimpin Uni Eropa lainnya.

Soal rencana kunjungan Orban, Kremlin mengungkap, tak ada pembicaraan yang direncanakan terkait hal tersebut.

Bendera juga dikibarkan setengah tiang di Berlin pada Sabtu (3/9) ini, untuk mengenang orang yang menahan pasukan Soviet, saat Tembok Berlin runtuh pada tahun 1989. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.